XT Square, Bekas Terminal Yang Disulap Menjadi Tempat Wisata Seru

xt square

Kota Yogyakarta sebelumnya memiliki Terminal Umbulharjo sebagai terminal angkutan umum, akan tetapi sekarang berpindah ke Terminal Giwangan. Pemindahan ini dikarenakan tempatnya yang lebih besar sehingga menjadikan terminal Giwangan sebagai terminal bus tipe A terbesar di Indonesia. Sejak saat itu, Terminal Umbulharjo menjadi tidak terpakai dan rencananya akan diubah menjadi pasar seni dan kerajinan. Akan tetapi, Wali Kota Yogyakarta pada saat itu memutuskan untuk mengubah nama PSKY menjadi XT Square. Nama XT ini berarti eks terminal. Dengan bergantinya nama ini diharapkan dapat membuat tempat ini tidak kalah bersaing dengan pasar seni lainnya di Indonesia.

Sekilas Mengenai XT Square

XT Square merupakan sebuah usaha yang juga sekaligus menjadi bagian dari perusahaan yang dikelola oleh Jogjatama Vishesa. Jogjatama Vishesa adalah sebuah Badan Usaha Milik Daerah yang beroperasi di Kota Yogyakarta. Berdasarkan Perda Kota Yogyakarta No. 7 tahun 2010, perusahaan ini memiliki kemampuan untuk menyediakan sarana kegiatan publik. Sarana kegiatan publik ini tentunya berkaitan dengan penyewaan aset serta fasilitas pendukung, dan penyediaan jasa serta usaha lain.

Selain itu pembiayaan dalam bidang tanah atau bangunan yang bernilai ekonomis juga menjadi kaitan dari Perda tersebut. Sehingga bekas Terminal Umbulharjo ini disulap menjadi pusat belanja kerajinan, pusat kuliner, pentas seni pertunjukan, dan expo center. Semua unsur yang ada di XT Square ini diharapkan bisa menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

Lokasi, Jam Operasional, dan Rute

XT Square berada di Jalan Veteran Nomor 150-151, Umbulharjo, Yogyakarta. Orang-orang mengenal lokasi dari XT Square sebagai eks Terminal Umbulharjo. Karena tempat ini bekas terminal, jadi rutenya sangat mudah untuk ditempuh. Jika Anda datang dari luar kota dengan menggunakan pesawat, jarak dari bandara ke XT Square adalah sekitar 14 menit. Bagi Anda yang datang dari luar kota, Anda dapat menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Selain harganya terjangkau, menggunakan sewa mobil dapat membuat Anda memilih jenis mobil yang sesuai dengan keinginan Anda.

XT Square buka setiap hari mulai dari jam 9 pagi hingga jam 12 malam Waktu Indonesia Barat. Jadi, tempat wisata ini juga dapat menjadi rekomendasi wisata malam di Yogyakarta. Tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk ke XT Squarenya saja, akan tetapi jika masuk ke wahana-wahana seperti 3D museum dan selfie park, tentunya dikenakan biaya tiket masuk.

Wisata Yang Ada di XT Square

Di dalam lingkungan XT Square tentunya terdapat berbagai obyek wisata yang kerap dikunjungi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tidak jarang beberapa obyek wisata ini menjadi obyek wisata yang terbaik di Indonesia. Berikut adalah obyek wisata yang ada di XT Square

1. 3D Museum

Konsep wisata modern merupakan salah satu konsep tempat wisata yang tentunya sangat dibutuhkan di Indonesia. Adanya konsep wisata seperti ini juga diharapkan dapat membuat masyarakat akan tertarik untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Di XT Square, terdapat sebuah obyek wisata 3D museum terbesar di Indonesia serta memiliki banyak koleksi. Salah satunya adalah De Mata Trick Eye Museum yang letaknya berada di Gedung Umar Kayam. Museum ini memiliki gambar 3D sekitar 120 jenis yang dapat memanjakan mata Anda.

Lihat selengkapnya 3D Museum : De Mata Trick Eye Museum

Selain de mata, ada juga De Arca Statue Museum yang mana merupakan museum yang letaknya berada di sebelah De Mata. Museum ini menjadi museum yang terbesar dengan koleksi patung dengan ukuran yang nyata. Patung-patung yang ada di 3D museum ini terbuat dari bahan resin yang disesuaikan dengan iklim dan cuaca di Indonesia. Ada 3 zona yang ada di De Arca, yaitu zona tokoh dunia, tokoh nasional, dan presiden dunia.

2. XT Lane

Jika Anda ingin berburu kuliner di XT Sqaure, maka Anda bisa mendatangi XT Lane yang mana merupakan sebuah kawasan outdoor. Tepatnya, XT Lane ini berada di antara Gedung Umar Kayam dan Gedung Kerajinan. Setidaknya ada 24 kios yang menjual berbagai makanan Indonesia, seperti pecel ayam, nasi rames, bakso, mie ayam, dan lain-lain. Tempat ini dibuka sekitar 15 Januari 2018 serta bertepatan dengan acara lomba masak Malaria tau Lima Belas Januari. Harga makanan yang murah ini tentunya dapat membuat para pengunjung nyaman untuk menikmati berbagai kulliner di XT Lane.

3. Selfie Park

Kegiatan berfoto dan mengunggah di sosial media saat ini menjadi hal yang wajar di Indonesia. Mengunggah beberapa foto mereka di sosial media dilakukan dengan tujuan untuk mengabadikan momen dan kenangan saat itu. Adanya kebiasaan orang untuk selfie di tempat wisata ini tentunya membuat pengelola XT Square untuk membuat selfie park atau taman selfie.

Taman Selfie atau Selfie Park ini letaknya masih dalam lingkungan XT Square atau di dalam Kota Yogyakarta. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi terutama bagi yang suka selfie. Selfie Park ini buka dari jam 10.00 hingga jam 22.00. Harga tiket masuk ke selfie park ini juga terjangkau, yaitu sekitar Rp. 10.000.

4. Pusat Fashion Dan Kerajinan

XT Square saat ini memiliki berbagai zona untuk membuat tempat wisata ini unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini tentunya diwujudkan setelah XT Square diresmikan menjadi pasar seni dan kerajinan Yogyakarta. Letak dari pusat fashion dan kerajinan ini berada pada lantai 1 gedung kerajinan. Anda bisa menemukan produk hasil UMKM Yogyakarta di pusat kerajinan ini.

Kios Blok-C menjadi kios yang sering dikunjungi oleh masyarakat untuk berbelanja berbagai kerajinan. Seperti misalnya tas, souvenir, kerajinan, aneka batik, kaos khas Jogja, dan lain-lain. Hal ini tentunya sudah disediakan khusus oleh pihak pengelola agar pengunjung dapat menemukan dengan mudah produk-produk khas Yogyakarta.

Lihat juga pusat belanja kerajinan, batik dan souvenir khas Jogja : Pasar Beringharjo

5. Gemstone

Hobi mengumpulkan batu mulia merupakan sebuah hobi yang tentunya menjadi tren di masyarakat Indonesia. Dari banyaknya para penggiat batu mulia ini, XT Square menyediakan pasar batu mulia yang ada di Gedung Kerajinan C1. Para penggemar batu mulia tidak hanya bisa membeli batu yang sudah jadi saja, tetapi juga dapat membeli batu yang belum diasah. Selain itu, di pasar batu mulia ini juga terdapat berbagai perlengkapan lainnya seperti emban, pemotongan batu, penggosokan, dan sertifikasi batu mulia.

Pasar batu mulia ini merupakan satu-satunya yang ada di Kota Yogyakarta dan juga terdapat banyak kios yang ada di tempat ini. Tidak hanya dari dalam kota Yogyakarta saja, akan tetapi juga dari berbagai daerah datang ke pasar batu mulia ini untuk memuaskan hobi mereka. Selain itu juga setiap hari selalu disediakan hiburan dan doorprize untuk menghibur pengunjung.

XT Square merupakan pasar seni dan kebudayaan serta menjadi pusat kesenian yang ada di Yogyakarta. Bangunan ini berdiri di bekas Terminal Umbulharjo yang sudah tidak dipakai lagi sejak adanya Terminal Giwangan. Dengan adanya XT Square ini, tentunya dapat membuat pasar UMKM di Yogyakarta khususnya menjadi lebih terangkat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846