De Arca Statue Museum, Madame Tussauds-nya Jogja

De Arca Statue Museum

Museum yang menampilkan patung sebagai pajangan mereka merupakan salah satu museum unik di dunia. Salah satu museum patung yang terkenal di dunia adalah Madame Tussauds. Bahkan, Madame Tussauds sendiri memiliki banyak cabang di berbagai negara di dunia. Di Yogyakarta sendiri, ada tempat wisata museum patung yang berbeda dan tentunya unik. Museum tersebut adalah De Arca Statue Museum.

Lokasi, Jam Buka, Dan Tiket Masuk De Arca Statue Museum

De Arca Statue Museum berada di lingkup XT Square, yaitu di Jalan Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Tepatnya, De Arca Statue Museum ini berada di sebelah De Mata Trick Eye Museum. Jaraknya sekitar 10 menit dari Malioboro dan 18 menit dari Bandara Adisucipto. Apabila Anda yang datang dari luar kota, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja untuk datang ke tempat ini. Dengan menyewa mobil, tentunya Anda akan merasakan perbedaan dibanding dengan menggunakan mobil pribadi. Anda bisa bebas untuk menggunakan sopir atau tidak menggunakan sopir.

Baca ulasan lengkap XT Square

Jam operasional dari De Arca Statue Museum sendiri beroperasi dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam, sama seperti De Mata Trick Eye Museum. Karena De Arca dan De Mata masih dalam satu lingkup ruangan dan satu pengelola yang sama. Untuk masuk ke museum ini, Anda harus membayar sekitar Rp. 80.000.

Bagian Yang Ada Di De Arca Statue Museum

Jika Anda berkunjung ke De Arca Statue Museum, Anda bisa merasakan serunya berwisata sambil menambah pengetahuan. Di sini, Anda akan melihat berbagai macam patung tokoh-tokoh dunia yang dibagi menjadi 3 bagian. Berikut adalah bagian-bagian yang ada di De Arca Statue Museum

1. Pahlawan Nasional

Di zona tokoh nasional ini, Anda akan melihat berbagai tokoh nasional yang dipajang di De Arca Statue Museum. Dibuatnya tokoh-tokoh nasional ini adalah untuk mengenang para pahlawan dan tokoh-tokoh Nasional yang sudah berjuang demi Indonesia. Selain itu, tujuan dibuatnya patung pahlawan nasional ini adalah agar pengunjung dapat mengenal pahlawan Indonesia.

2. Tokoh Dunia

Zona tokoh dunia berisi patung-patung dari berbagai macam tokoh dunia seperti Steve Jobs, Albert Einstein, dan lain-lain. Patung yang ada di De Arca Statue Museum ini tersebut dari resin. Hal ini tentunya berbeda dari kebanyakan patung yang biasanya terbuat dari lilin. Resin atau getah yang dihasilkan dari tumbuhan tertentu ini juga disesuaikan dengan keadaan cuaca dan iklim di Jogja. Sebelumnya pernah ada patung Adolf Hitler di tempat ini, akan tetapi karena ada masalah jadi patung tersebut tidak ditampilkan lagi.

3. Selebriti Dunia

Jika Anda ingin berfoto bersama dengan para selebriti dunia seperti Mr. Bean, Cristiano Ronaldo, dan Lionel Messi, maka Anda bisa berfoto dengan para tokoh-tokoh dunia ini. Zona ini berisi berbagai koleksi patung dari berbagai tokoh di dunia. Di zona ini juga terdapat berbagai macam tokoh fiksi seperti Spiderman, Captain America, Iron Man, dan lain-lain.

4. Presiden Dunia

Selain beberapa tokoh dunia, di tempat ini juga terdapat patung berbagai pemimpin negara dari seluruh dunia, termasuk juga dengan presiden Indonesia terdahulu. Seperti Megawati, BJ. Habibie, dan lain-lain. Selain itu juga terdapat beberapa para pemimpin negara seperti Barack Obama, Ratu Elizabeth II, dan lain-lain.

Obyek Wisata Sekitar De Arca Statue Museum

Jika Anda masih merasa kurang untuk mengunjungi De Arca saja, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata lain. Wisata lain ini tentunya juga masih berdekatan dengan De Arca Statue Museum. Berikut adalah obyek wisata yang berada di sekitar De Arca Statue Museum.

1. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum adalah salah satu museum unik yang ada di Indonesia. Hal tersebut karena museum ini menampilkan gambar-gambar tiga hingga empat dimensi yang terlihat seperti nyata. Selain itu, museum ini juga bertujuan untuk membuat ilusi optik interaktif. Museum seperti ini di Indonesia bisa dibilang tidak banyak, bahkan obyek wisata ini juga menjadi yang terbesar di Indonesia. Lokasi dari obyek wisata ini masih dalam lingkup yang sama dengan De Arca Statue Museum, yaitu di XT Square. De Mata Trick Eye Museum memiliki setidaknya 120 koleksi gambar 3D serta 50 koleksi gambar 4D yang mampu memanjakan mata serta dengan banyak pilihan gambar. Selain melihat, Anda juga bisa berfoto dengan gambar yang ada di De Mata Trick Eye Museum.

Lihat ulasan lengkap De Mata Trick Eye Museum

2. D’Walik

D’Walik berasal dari kata Walik yang artinya terbalik. Wahana ini adalah illusion room atau ruang ilusi yang mana terdapat 27 ruang berisi property yang dipasang secara terbalik. Ada banyak tema ruangan yang ada di tempat ini, mulai dari horror, barbershop, angkringan, hingga harta karun ada di tempat ini. Untuk berfoto dengan angle yang tepat, Anda nantinya akan diarahkan oleh pemandu dan fotografer di tempat ini.

3. XT Lane

XT Lane adalah sebuah kawasan kuliner outdoor yang berada di antara Gedung Umar Kayam dan Gedung Kerajinan. Banyak makanan yang dijual di XT Lane, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat seperti bakso, pecel ayam, dan lain-lain. Totalnya ada sekitar 24 kios yang menjajakan makanan di XT Lane. 15 Januari 2018 menjadi hari dimana XT Lane dibuka untuk umum. Untuk merayakan pembukaannya, pengelola XT Square juga mengadakan acara lomba masak yang bernama Malari atau Lima Belas Januari. Bisa dibilang, harga kuliner yang ada di XT Lane ini murah dan dijamin dapat membuat Anda kenyang setelah lelah berjalan-jalan di De Arca Statue Museum.

4. Pasar Seni

XT Square ini didirikan karena pengelolanya ingin mengolah Terminal Umbulharjo menjadi pasar seni yang bisa dikunjungi oleh masyarakat. Selain dikunjungi, masyarakat juga bisa berdagang di Pasar Seni ini. Sehingga dari hal itu, Pasar Seni ini dibangun dan sampai sekarang masih ada. Pasar Seni ini terletak di atas gedung De Mata Trick Eye Museum. Berbagai produk UMKM Yogyakarta dijual di Pasar Seni ini.

Pengelola sudah menyediakan tempat untuk menjual berbagai macam produk UMKM dan barang-barang khas Yogyakarta. Selain itu, di Pasar Seni juga Anda bisa menemukan batu mulia dengan berbagai jenis.

5. Selfie Park

Taman Selfie atau Selfie Park ini letaknya masih berada dalam XT Square serta masih di dalam Kota Yogyakarta. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi terutama bagi yang suka selife, apalagi di saat malam hari. Selfie Park ini buka dari jam 10.00 sampai jam 22.00. Harga tiket masuk ke selfie park ini juga terjangkau, yaitu sekitar Rp. 10.000. Kesadaran pengelola akan kebiasaan orang saat ini yang suka selfie membuat pengelola membuka selfie park yang mana terlihat seperti di tempat wisata lain. Yang berbeda adalah selfie park ini berada di dalam kota, sehingga memunculkan warna baru dari pariwisata Yogyakarta.

De Arca Statue Museum merupakan museum patung yang terbesar di Indonesia. Selain menambah pengetahuan, di museum ini juga Anda bisa berfoto dengan patung-patung yang ada di museum ini. Sehingga tidak salah jika De Arca Statue Museum bisa menjadi rekomendasi wisata yang unik di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846