De Mata Trick Eye Museum, Wisata Ilusi Optik Pertama Di Indonesia

De Mata Trick Eye Museum
Rate this post

Ilusi optik merupakan hal yang membuat manusia takjub serta dapat membuat orang-orang tertarik dengan sains. Mempelajari ilusi optik ini bisa dipelajari dengan cara yang sederhana maupun di tempat seperti museum. Di Indonesia sendiri, museum ilusi optik menjadi sesuatu yang baru bahkan menjadi sebuah museum anti mainstream. Hal ini dikarenakan koleksi yang disajikan pada museum ini dapat membuat para pengunjung terkagum. Yogyakarta tentunya memiliki obyek wisata ilusi optik yang terbaik. Tempat tersebut bernama De Mata Trick Eye Museum.

Lihat wisata museum di Jogja lain : Museum Sonobudoyo

Lokasi, Jam Buka, Dan Tiket Masuk

De Mata Trick Eye Museum adalah salah satu museum unik yang ada di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan di museum ini Anda akan ditampilkan gambar-gambar yang terlihat seperti nyata dan bertujuan untuk membuat ilusi optik interaktif. Museum seperti ini di Indonesia bisa dibilang tidak banyak, sehingga banyak orang yang ingin berkunjung ke museum ini.

Lokasi dari De Mata Trick Eye Museum berada di dalam XT Square, tepatnya di Jalan Veteran No. 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. Jadi bagi Anda yang datang ke XT Square, Anda juga bisa mampir ke De Mata Trick Eye Museum. Museum yang unik ini buka setiap hari dari jam 10.00 hingga jam 20.00 WIB. Untuk biaya tiket masuknya dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000 untuk happy hour, Rp. 40.000 untuk weekdays, dan Rp. 50.000 untuk weekend. Happy hour adalah harga tiket yang berlaku pada jam-jam tertentu. Misalnya di tempat ini dari hari Senin-Jumat jam 10.00 hingga 15.00 WIB berlaku harga tiket happy hour.

Sekilas Tentang De Mata Trick Eye Museum

Museum unik ini berdiri karena keinginan sang direktur utama De Mata Trick Eye Museum yaitu Petrus FX Kusuma. Ia memiliki keinginan agar pariwisata Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lainnya. Selain itu ia juga mendapatkan inspirasi dalam mengadaptasi tempat wisata luar negeri ke dalam negeri. Dengan tujuan agar masyarakat bisa mengunjungi tempat yang serupa tetapi tidak sama akan tetapi tetap edukatif. Harga yang ditawarkan juga bisa dibilang murah akan tetapi dapat memberikan hiburan bagi para pengunjung.

Daya Tarik Dari De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum saat ini menjadi obyek wisata yang direkomendasi bagi para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Untuk itu bagi para wisatawan yang ingin datang ke tempat ini, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil terlebih lagi jika Anda datang bersama rombongan. Dengan menggunakan sewa mobil, tentunya Anda bisa memilih mobil yang cocok sesuai jumlah rombongan Anda.

Obyek wisata ini tentunya menyimpan daya tarik sehingga tempat ini dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain itu juga karena konsep tempat wisata ini yang berbeda dari obyek wisata yang lain. Berikut adalah daya tarik dari De Mata Trick Eye Museum.

1. Berfoto Dengan Koleksi Gambar 3D

Untuk berfoto dengan berbagai obyek 3D yang ada di De Mata Trick Eye Museum, Anda bisa berkunjung ke De Mata 1. Ruangan De Mata 1 adalah obyek wisata 3D yang pertama di Indonesia dan menjadi yang terbesar. Koleksi yang ada di De Mata 1 ini ada sekitar 120 gambar dengan berbagai tema, mulai dari flora fauna hingga fantasi. Beberapa koleksi yang ada di De Mata 1 juga sudah dilengkapi dengan sebuah teknologi Augmented Reality. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk membuat gambar yang diambil dari smartphone bisa terlihat nyata.

2. Wahana 4D Dan Mirror Illusion

Selain wahana 3D, di De Mata Trick Eye Museum juga memiliki wahana 4D serta wahana mirror illusion. Wahana 4D ini tepatnya berada di De Mata 2 yang mana juga masih menyimpan koleksi 3D sebanyak 50 buah. Sama seperti De Mata 1, di De Mata 2 juga Anda bisa menerapkan teknologi Augmented Reality. Obyek wisata 4D serta mirror illusion dapat membuat foto serta video menjadi lebih nyata. Tidak hanya itu, di De Mata 2 juga menyediakan sebuah area Photo Studio yang lengkap serta menggunakan teknologi green screen. Dalam berfoto di area Photo Studio, Anda bisa menggunakan kostum dari berbagai negara sesuai keinginan Anda.

3. Berfoto Dengan Patung Tokoh Dari Fiber

Anda bisa berfoto dengan para tokoh-tokoh dunia dan Indonesia di sebuah wahana bernama Museum De Arca. Museum De Arca berisi koleksi patung fiber yang dihasilkan oleh para seniman lokal Yogyakarta. Kurang lebih ada patung 5D yang ada di Museum De Arca. Bagi Anda yang ingin mengenang para pahlawan Nasional, di museum ini Anda bisa berfoto dengan patung pahlawan yang ada di tempat ini. Selain para pahlawan Nasional, Anda juga bisa berfoto dengan para tokoh-tokoh dunia. Sepeti contohnya Barack Obama, Steve Jobs, dan lain-lain. Anda juga bisa berfoto dengan selebriti dan para super hero. Yang unik di sini adalah di tempat ini tersedia massage machine atau mesin pijat yang dapat membuat Anda rileks.

4. Melihat Dan Berfoto Dengan Obyek Terbalik

Jika Anda sebelumnya pernah melihat obyek wisata yang interiornya terbalik, maka Anda juga bisa mengunjungi wahana yang satu ini. Namanya adalah D’Walik yang mana berasal dari kata Walik yang artinya terbalik. Wahana ini merupakan illusion room yang memiliki 27 ruangan tematik dengan property yang dipasang terbalik. Berbagai tema ruangan ada di tempat ini, mulai dari horror, harta karun, barbershop, hingga angkringan ada di tempat ini.

5. Mencoba Berbagai Macam Kuliner

Selain berfoto dengan berbagai macam obyek yang ada di De Mata Trick Eye Museum, Anda juga bisa mencoba berbagai macam kuliner yang disajikan. Kuliner tersebut antara lain berupa berbagai macam es dengan 50 pilihan rasa yang dijual di Gelaria. Bagi Anda yang suka dengan pop corn, Anda juga bisa mencoba pop corn yang dijual di De Corn. Yang menjadi andalan di De Corn adalah Rainbow Pop Corn atau Pop Corn Pelangi. Selain itu juga terdapat Lunch Box Resto yang tersedia di tempat ini yang mana menyajikan berbagai makanan yang dapat membuat Anda kenyang setelah berkeliling di tempat wisata ini. Bagi Anda yang menyukai olahan buah segar, Anda bisa mencobanya di De Fresh.

6. Membeli Oleh-Oleh

Setelah lelah dan puas berburu kuliner serta berfoto dengan obyek 3D, Anda bisa membeli oleh-oleh untuk diberikan kepada orang tersayang. Merchandise yang dijual di sini berbeda dengan tempat lain. Yang membedakan dari tempat lain adalah gambar 3D yang ada pada merchandise. Contohnya kaos 3D, mug 3D, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa membeli snack yang dijual di tempat ini dengan berbagai varian.

Lihat juga tempat membeli oleh-oleh lain : Pasar Beringharjo

Obyek wisata sejenis ini adalah obyek wisata yang bisa dibilang baru. Bahkan di Indonesia saja hanya ada beberapa tempat yang menyajikan obyek wisata seperti ini. Adanya tempat ini juga dapat membuat orang-orang bisa mengambil sisi edukasi selain juga sisi hiburan dari tempat wisata ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846