Taman Pelangi, Indahnya Lampion Di Malam Hari

taman pelangi
Rate this post

Lampion adalah benda yang biasanya terbuat dari bahan kertas dengan lilin yang ada di dalamnya. Selain dibuat dari kertas, lampion juga terbuat dari rangka bambu yang dibalut dengan kertas tebal atau kain sutera. Bahkan terdapat juga lampion yang menjadi sebuah obyek wisata malam di Yogyakarta. Tempat tersebut bernama Taman Pelangi.

Yogyakarta merupakan kota di Indonesia yang terkenal dengan banyak tempat wisatanya yang menarik. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, hingga ke wisata rekreasi. Kota ini seakan tidak pernah sepi karena beberapa tempat di Yogyakarta juga menghadirkan wisata malam. Sehingga Taman Pelangi menjadi tempat wisata malam yang layak dikunjungi.

Lokasi, Rute, Jam Operasional, dan Tiket Masuk

Taman Pelangi berada di kompleks Museum Monumen Jogja Kembali, tepatnya berada di Jl. Ring Road Utara, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 55284. Lokasi tempat wisata ini jika ditempuh dari Tugu Yogyakarta hanya tinggal lurus ke arah Utara. Kemudian pada perempatan Ring Road Utara belok kiri lalu putar arah. Karena lokasinya berada di kanan jalan.

Bagi wisatawan yang ingin datang ke Taman Pelangi dari luar kota, wisatawan bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Karena dengan menggunakan jasa sewa mobil di Jogja, wisatawan bisa menggunakan berbagai jenis mobil yang cocok. Selain itu jika wisatawan menggunakan sewa mobil dengan sopir, wisatawan akan mendapatkan rekomendasi tempat wisata lain yang tidak kalah seru seperti : Sindu Kusuma Edupark dan Taman Pintar.

Taman Pelangi sendiri beroperasi setiap hari mulai dari jam 16.30 sampai 22.00 WIB untuk hari Senin sampai Kamis. Sedangkan untuk hari Jumat sampai Minggu, Taman Pelangi buka dari jam 17.00 sampai 23.00 WIB.

Biaya masuk untuk ke tempat ini adalah Rp. 10.000 untuk hari Senin sampai Kamis. Untuk hari Jumat sampai Minggu biaya masuknya sebesar Rp. 15.000.

Daya Tarik Taman Pelangi

Taman Pelangi menjadi obyek wisata malam yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai tempat. Hal tersebut dikarenakan taman pelangi menghadirkan berbagai hal yang beda dan unik serta belum pernah ada di Yogyakarta sebelumnya. Pengunjung dapat menyaksikan indahnya lampion warna-warna yang seakan terlihat seperti pelangi.

Banyaknya lampu yang menghiasi Taman Lampion ini sendiri juga menjadi alasan mengapa nama taman ini adalah Taman Pelangi. Di tempat ini, wisatawan bisa menemukan berbagai lampion dengan bentuk yang unik. Seperti bentuk kereta, hewan, dan lain-lain. Sehingga lampion di sini menjadi daya tarik dari taman di dekat Monumen Jogja Kembali.

Tidak hanya melihat lampion saja, akan tetapi juga para wisatawan dapat berfoto dengan beberapa lampion di taman ini. Sehingga tidak salah jika taman ini menjadi tempat yang ramai dikunjungi terutama oleh anak-anak muda.

Wahana Yang Ada di Taman Pelangi

Tidak hanya dapat melihat lampion, tetapi wisatawan juga bisa menaiki beberapa wahana di Taman Pelangi. Berikut ini adalah beberapa wahana yang ada di Taman Pelangi Yogyakarta.

1. Bola Air

Bagi wisatawan yang datang bersama dengan keluarga, termasuk juga dengan anak-anak, rasanya sangat seru jika menaiki wahana yang satu ini. Dengan biaya Rp 15.000, wisatawan bisa merasakan serunya bermain di air dengan menaiki bola yang besar. Kapasitas untuk menaiki wahana bola air ini maksimal sekitar 2 sampai 3 orang saja.

2. Boom Boom Car

Boom Boom Car merupakan sebuah wahana yang dari dulu hingga kini masih ada di berbagai tempat wisata. Mulai dari tempat wisata yang besar hingga ke pasar malam tentunya menghadirkan permainan yang seru ini. Wisatawan bisa menaiki boom boom car di Taman Pelangi ini dengan membayar biaya tiket sebesar Rp. 10.000.

3. ATV

Kendaraan yang beroda empat serta dapat melaju di berbagai medan ini juga ada di Taman Pelangi. Wisatawan bisa menaiki kendaraan ini dengan biaya sebesar Rp. 15.000. ATV atau All Terrain Vehicle merupakan sebuah kendaraan yang bisa melaju di berbagai medan serta menjadi tunggangan yang wajib ada di tempat wisata manapun.

4. Battery Car

Battery Car adalah sebuah mobil yang menggunakan baterai sebagai daya untuk menjalankan mobil ini. Wahana ini sangat cocok untuk dikendarai oleh anak-anak. Bagi wisatawan yang ingin membawa anak untuk menaiki battery car, perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000. Durasi dari battery car ini biasanya sekitar 10 menit sampai 15 menit.

5. Euro Bungee

Euro Bungee menjadi salah satu wahana yang menarik di Taman Pelangi. Wisatawan nantinya akan merasakan bagaimana serunya melompat tinggi dengan bantuan trampolin serta tali yang fungsinya sebagai pengaman agar tidak terlempar. Untuk menaiki wahana ini, wisatawan tentunya dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000.

6. Perahu Dayung

Wisatawan juga bisa merasakan mengayuh perahu dengan menaiki wahana perahu dayung yang ada di Taman Pelangi. Tentunya untuk menaiki wahana ini membutuhkan biaya tiket. Biaya tiket yang harus dibayarkan wisatawan adalah sebesar Rp. 20.000.

7. Sepeda Tandem

Sepeda tandem atau sepeda gandeng menjadi wahana yang sangat seru untuk dikendarai. Biasanya sepeda ini ada di sekitaran Alun-Alun Selatan Yogyakarta. Akan tetapi, di Taman Pelangi ini juga terdapat sepeda tandem. Untuk berkeliling taman dengan sepeda tandem ini dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000.

8. Helicak

Helicak merupakan sebuah kendaraan yang berupa sepeda dengan tambahan berupa bangku untuk duduk seperti becak. Yang membedakan kendaraan ini dengan becak adalah letak bangku penumpang yang ada di belakang pengemudi. Untuk menaiki wahana helicak di Taman Pelangi, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000.

9. Junior Jet

Junior Jet juga menjadi wahana yang seru dan menegangkan bagi para wisatawan terutama anak-anak. Pasalnya wahana ini akan membawa anak-anak untuk menaiki jet coaster dengan ukuran yang tepat untuk anak-anak. Biaya yang diperlukan untuk menaiki wahana junior jet ini adalah sebesar Rp. 10.000.

10. Becak Mini

Wahana yang satu ini tentunya sudah menjadi hal yang tidak asing. Becak mini merupakan sebuah becak yang ukurannya kecil dan hanya bisa dinaiki oleh anak-anak. Wisatawan bisa berkeliling taman dengan menggunakan becak yang tarifnya adalah sebesar Rp. 10.000.

11. Safari Train

Safari Train merupakan sebuah wahana yang berupa kereta mini yang mengajak wisatawan untuk berkeliling Taman Pelangi. Dengan membayar sebesar Rp. 10.000, wisatawan akan menaiki kereta sambil melihat indahnya lampion yang ada di Taman Pelangi. Durasi dari kegiatan berkeliling taman ini bisa berkisar dari 3 sampai 5 menit.

Penutup

Yogyakarta merupakan kota yang terkenal dengan wisata pantainya. Selain terkenal dengan pantainya, Yogyakarta juga memiliki anjungan belanja kerajinan yang terkenal, yaitu Malioboro. Kedua tempat tersebut seakan menjadi ikon wisata Yogyakarta. Wisata Yogyakarta tidak hanya dua tempat itu saja, tetapi juga terdapat wisata yang sangat menarik salah satunya adalah Taman Pelangi.

Taman Pelangi merupakan sebuah tempat wisata yang ada di daerah Ring Road Utara, Yogyakarta yang sangat disarankan untuk dikunjungi. Destinasi ini jangan sampai terlewat karena tempat ini menyajikan keindahan lampion yang memancarkan cahaya serta menghiasi seluruh taman. Tidak hanya menyajikan lampion, taman ini juga memiliki berbagai wahana yang siap memanjakan wisatawan, terutama bagi wisatawan yang datang bersama dengan keluarga besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846