Sindu Kusuma Edupark, Wisata Rekreasi Berbagai Wahana

Sindu Kusuma Edupark
Rate this post

Wisata rekreasi merupakan salah satu dari sekian jenis tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh keluarga. Tempat dengan jenis ini bisa dibedakan dengan tempat wisata yang lainnya, yaitu memiliki banyak wahana. Salah satu wisata rekreasi yang ada di Yogyakarta yang luas adalah Sindu Kusuma Edupark.

Konsep wisata rekreasi di Indonesia ini menjadi salah satu jenis obyek wisata yang diminati di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan tempat wisata rekreasi ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Di Indonesia sendiri, tempat wisata jenis ini tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga konsep wisata rekreasi ini ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Baca juga wisata keluarga lain yang tidak kalah seru : Kids Fun

Sekilas Mengenai Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark merupakan sebuah tempat wisata berkonsep wahana rekreasi yang letaknya berada di Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini terdiri dari berbagai wahana yang seru untuk keluarga. Terdiri dari 18 model permainan dan ditambah arena outbound yang pastinya dapat memanjakan aktivitas liburan keluarga.

Pengunjung yang berdatangan ke obyek wisata ini sudah mencapai 1.700 orang setiap harinya. Namun jika dalam kondisi hujan, otomatis pengunjung akan berkurang menjadi sekitar 400 orang. Obyek wisata ini dibuka untuk umum pada tanggal 14 Februari 2015, bertepatan dengan perayaan Hari Valentine.

Secara umum, Sindu Kusuma Edupark mengusung konsep wisata malam di Yogyakarta. Kurang lebih tempat ini memiliki konsep seperti Batu Night Spectacular (BNS) di Jawa Timur. Tempat wisata yang menggunakan tanah seluas 7 hektar ini bisa menjadi tempat yang harus dikunjungi bersama keluarga. Terutama jika sedang liburan panjang atau libur lebaran.

Lokasi, Rute, Jam Operasional, Dan Tiket Masuk

Lokasi tepat dari Sindu Kusuma Edupark ini berada di Jalan Magelang KM 2, Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya kurang lebih dekat dengan Terminal Jombor. Untuk menuju ke tempat wisata ini, wisatawan bisa menggunakan berbagai kendaraan. Salah satunya bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja.

Menggunakan jasa sewa mobil di Jogja sangat tepat apalagi jika mengunjungi tempat ini yang mana berada jauh dari jalan raya Magelang-Jogja. Wisatawan bisa menggunakan berbagai armada yang terbaru dan sudah dilengkapi dengan GPS. Selain dilengkapi dengan GPS, wisatawan juga bisa menggunakan jasa sopir yang bisa memberi rekomendasi tempat wisata Yogyakarta.

Sindu Kusuma Edupark yang juga bisa disebut dengan SKE ini buka setiap hari Rabu hingga Senin. Untuk hari Senin dan Rabu hingga Jumat buka dari jam 15.00 hingga 22.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, SKE buka dari jam 10.00 sampai 22.00 WIB. Pada hari Selasa, tempat wisata ini tutup.

Bagi wisatawan yang datang ke tempat ini, tentunya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.000. Akan tetapi bagi wisatawan yang ingin membeli tiket terusan untuk masuk ke berbagai wahana, dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000 untuk anak-anak. Sedangkan tiket terusan untuk dewasa dikenakan sebesar Rp. 70.000.

Wahana Sindu Kusuma Edupark

Sebagai tempat wisata rekreasi keluarga, tentunya Sindu Kusuma Edupark memiliki berbagai wahana yang bisa dinikmati seluruh keluarga. Berikut adalah wahana yang ada di SKE.

1. Pit Egrang

Pit Egrang atau yang juga disebut dengan segway adalah wahana wisata yang berupa sebuah kendaraan yang unik. Kendaraan ini diimpor dari negeri paman Sam, Amerika Serikat. Wisatawan bisa merasakan sensasi yang berbeda saat menaiki pit egrang ini. Ada beberapa trainer yang akan melatih wisatawan sebelum menggunakan dan menaiki alat ini. Wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 40.000 untuk wisatawan yang datang tanpa membayar tiket terusan.

2. Bumper Car

Montor Tumbur merupakan wahana kendaraan yang cocok untuk dikendarai bersama dengan keluarga. Wahana ini juga dilengkapi dengan trek seluas 250 meter persegi. Setidaknya terdapat 20 mobil yang siap untuk dikendarai. Biaya untuk menaiki bumper car ini adalah sebesar Rp. 10.000 bagi yang tidak membayar tiket terusan.

3. Cakra Manggilingan

Wahana ini menjadi salah satu ikon dari Sindu Kusuma Edupark yang mana berupa bianglala dengan ketinggian 48 meter. Daya tampung dari wahana bianglala ini sebanyak 4 orang dewasa dengan 28 kabin. Dengan biaya Rp. 10.000, wisatawan bisa menikmati pemandangan Kota Yogyakarta melalui wahana bianglala ini.

4. Panggon Lunjak

Panggon Lunjak ini adalah nama wahana yang mana berupa sebuah trampolin. Di wahana ini, wisatawan bisa melompat diatas trampolin dengan biaya sebesar Rp. 15.000. Terdapat 4 jenis trampolin yang tentunya sudah dilengkapi dengan pemandu yang siap untuk mengarahkan wisatawan untuk bermain trampolin.

5. Sepur Kluthuk

Wahana ini berupa sebuah kereta mini yang mengelilingi seluruh bagian dari Sindu Kusuma Edupark. Untuk satu putaran dengan durasi 10 menit, wisatawan perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000. Sepur Kluthuk ini sangat tepat untuk dinaiki bersama dengan keluarga maupun sanak saudara.

6. Kursi Mabur

Rasanya tidak lengkap jika dalam sebuah tempat rekreasi tidak menyajikan wahana yang mampu memacu adrenalin. Di Sindu Kusuma Edupark, Kursi Mabur atau Flying Chair menjadi salah satu obyek wisata yang dapat memacu adrenalin. Untuk menaiki wahana ini, wisatawan harus memiliki tinggi badan minimal 120 centimeter dan mengeluarkan biaya Rp. 15.000.

7. Sepeda Mabur

Wahana Sepeda Mabur ini juga menjadi wahana yang dapat memacu adrenalin. Karena wahana ini adalah berupa sebuah sepeda yang melintas di atas rel sepanjang 100 meter dengan ketinggian rel 3 meter. Biaya yang harus dikeluarkan untuk naik wahana ini adalah sebesar Rp. 10.000 dan tinggi badan minimal 100 centimeter.

8. Cinema 8D

Wahana wisata cinema 8D merupakan wahana cinema yang menggunakan teknologi 8D. Wahana ini hanya ada satu di Indonesia dan wahana ini didatangkan dari Korea. Wisatawan yang berkunjung ke wahana ini dapat merasakan untuk menonton film secara nyata. Untuk ke wahana ini, wisatawan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 30.000.

9. Roti Puter

Roti Puter merupakan salah satu wahana wisata di SKE yang berupa sebuah mangkok cupcake yang berputar sendiri. Terdapat beberapa tombol yang bisa mengatur kecepatan putaran dari mangkok ini. Wisatawan nantinya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 untuk menaiki mangkok putar ini.

10. Dino Park

Wahana wisata ini merupakan sarana edukasi yang tepat untuk mengenalkan dinosaurus kepada anak. Yang unik dari wahana ini adalah wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk menuju ke obyek wisata ini.

11. House Of Terror

Sindu Kusuma Edupark juga memiliki wahana horor yang mana wisatawan akan menaiki kereta mini. Dengan biaya Rp. 25.000, wisatawan akan merasakan sensasi merinding karena suasana dari wahana ini mengusung konsep kegelapan dunia lain.

12. House Of Batik

Beragam jenis batik ini tersebar di seluruh Indonesia. Wahana House of Batik merupakan sebuah wahana wisata yang menyajikan berbagai pengetahuan seputar batik. Wisatawan tidak perlu membayar biaya masuk untuk ke wahana ini.

Baca juga tempat wisata lain yang memiliki wahana-wahana unik : Taman Pintar

Penutup

Sindu Kusuma Edupark merupakan sebuah wahana wisata rekreasi yang berada di Kabupaten Sleman. Tempat ini sangat ramai dikunjungi karena tempat wisata ini mengusung konsep wisata malam. Obyek wisata seperti ini jarang ada di Yogyakarta, sehingga tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846