Taman Pintar Yogyakarta, Wisata Edukasi Kota Pelajar

Taman Pintar Yogyakarta

Mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia. Tujuan nasional bangsa ini harus dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat agar bangsa Indonesia bisa mendapatkan nilai positif di mata dunia. Melaksanakan tujuan bangsa ini sudah dilaksanakan oleh salah satu tempat wisata di kota Yogyakarta. Di sana terdapat obyek wisata edukasi yang bernama Taman Pintar Yogyakarta.

Lokasi, Jam Buka, Rute, Dan Tiket Masuk

Taman Pintar Yogyakarta merupakan tempat wisata yang letaknya berada di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya berada di Jalan Panembahan Senopati, Yogyakarta. Di tempat wisata ini, Anda akan merasakan serunya berwisata sembari menambah ilmu pengetahuan di Taman Pintar Yogyakarta. Akhir-akhir ini, Taman Pintar menjadi alternatif tempat wisata bagi para wisatawan yang datang dari berbagai kota. Taman Pintar Yogyakarta buka hari Selasa hingga Minggu dari jam 09.00 hingga 16.00 WIB. Untuk hari Senin, Taman Pintar tutup kecuali jika hari Senin tersebut bertepatan dengan hari libur nasional.

Rute untuk menuju Taman Pintar ini sangat mudah untuk dituju, karena tempat ini masih satu kawasan dengan Benteng Vredeburg. Jadi bagi Anda yang berwisata ke Benteng Vredeburg, Anda juga bisa datang ke Taman Pintar.

Lihat selengkapnya wisata dekat Taman Pintar : Benteng Vredeburg

Untuk masuk ke Taman Pintar, tentunya dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk anak-anak dan Rp. 18.000 untuk dewasa. Biaya tiket masuk ini belum termasuk dengan wahana yang ada di dalam Taman Pintar.

Sejarah Berdirinya Taman Pintar

Tahun 90-an adalah tahun dimana sains dan teknologi informasi atau saintek ini berkembang di masyarakat. Adanya saintek ini dapat membawa manusia menuju pada peradaban yang lebih maju. Ilmu saintek ini harus patut disyukuri serta membawa perubahan kualitas hidup manusia. Menghadapi perkembangan zaman yang terjadi serta kepedulian terhadap pendidikan, maka Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki ide untuk membangun Taman Pintar.

Nama Taman Pintar ini diberikan karena nantinya di tempat ini para pelajar dari berbagai usia akan menambah pengetahuan mereka. Selain menambah pengetahuan, pelajar ini nantinya dapat menambah pemahaman mengenai materi pelajaran serta mengembangkan kreatifitas mereka. Mengembangkan kreatifitas juga dapat membuat Indonesia menjadi sasaran eksploitasi teknologi. Tetapi nantinya anak-anak Indonesia dapat menciptakan teknologi sendiri.

Bangunan obyek wisata ini dibangun pada kawasan bekas Shopping Center. Hal ini tentunya berdasarkan pertimbangan agar tetap adanya kaitan antara bangunan yang lainnya. Seperti Taman Budaya, Gedung Agung, dan Benteng Vredeburg. Tahun 2004, Taman Pintar Yogyakarta mengalami relokasi serta pembangunan Tahap I yang meliputi pembangunan wahana Playground dan Gedung PAUD. Bangunan pertama ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan Bambang Soedibyo pada tanggal 20 Mei 2006.

Pembangunan terus berlanjut hingga ke Tahap yang kedua, yang mana di tahap kedua  ini dibangun Gedung Oval dan Gedung Kotak. Peresmian bangunan tahap kedua pada 9 Juni 2007 ini dihadiri oleh Bambang Soedibyo selaku menteri pendidikan dan Menristek Kusmayanto Kadiman. Pada peresmian tahap kedua ini juga dihadiri oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Gedung Kotak lantai kedua dan ketiga dibangun pada pembangunan tahap ketiga. Di tahap yang ketiga ini, Tapak Presiden serta Gedung Memorabilia juga dibangun. Taman Pintar selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal 16 Desember 2008 oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Wahana Yang Ada di Taman Pintar

Sebelum Anda datang ke Taman Pintar Yogyakarta, Anda harus mengenal terlebih dahulu wahana-wahana yang ada di Taman Pintar. Dengan mengetahui wahana yang ada di Taman Pintar, nantinya Anda sekeluarga bisa menentukan tujuan untuk mengunjungi beberapa wahana. Untuk itu, inilah beberapa wahana yang ada di Taman Pintar.

1. Science Theater

Science Theater merupakan wahana di Taman Pintar yang mana merupakan sebuah gedung audio visual yang memiliki kapasitas 50 sampai 60 orang. Di dalam gedung ini biasanya dilakukan pemutaran film mengenai sains serta pertunjukan demo sains. Letak dari Science Theater ini berada di area barat Taman Pintar atau lebih tepatnya di sebelah Perpustakaan Taman Pintar.

2. Gedung Kotak

Di dalam gedung kotak ini, para pengunjung akan disajikan berbagai macam wahana yang tentunya menarik. Selain itu, pengunjung bisa mengamati berbagai aktivitas yang disajikan di wahana tersebut. Setidaknya ada 10 wahana yang ada di gedung kotak ini, termasuk juga dengan wahana yang bernama Zona Teknologi Populer. Wahana ini menyajikan berbagai teknologi terkini dengan ruangan yang bernuansa futurisitik. Di sini, Anda akan ditawarkan untuk mencoba Virtual Reality atau VR yang menjadi alat peraga pada wahana ini.

Di gedung kotak juga terdapat wahana yang bernama Zona Tepi TV. Anda bisa mencoba untuk menjadi penyiar berita dengan mengunjungi wahana ini. Rekaman Anda dalam membaca berita nantinya akan direkam serta bisa dibawa pulang ke dalam media CD. Anda juga bisa mencoba untuk menjelajah dunia dinosaurus di wahana Zona Dino Adventure. Wahana ini merupakan bentuk kerja sama dari pihak Taman Pintar dengan pihak luar. Dinosaurus yang ada pada wahana ini berbentuk replika raksasa dan pengunjung akan melihatnya dengan menaiki kereta.

3. Planetarium

Taman Pintar Yogyakarta juga menyajikan sebuah wahana yang dapat menambah pengetahuan pengunjung mengenai planet. Yang istimewa di sini adalah benda langit yang ditampilkan di wahana ini menggunakan proyektor digital. Planetarium juga menyajikan pemutaran film mengenai perjalanan manusia ke Bulan. Pengunjung akan duduk pada kursi penonton yang menghadap ke kubah setengah lingkaran yang menjadi media proyeksi film. Nantinya para pengunjung dapat menyaksikan film dengan nyaman.

4. Kampung Kerajinan

Di wahana ini, pengunjung akan dilatih untuk meningkatkan daya kreativitas yang ditumpahkan ke dalam 4 wahana seni. Yang pertama adalah wahana lukis kaos yang mana pengunjung akan merasakan melukis dengan menggunakan media kaos. Pengunjung nantinya bisa bebas untuk mengekspresikan rasa kreativitas mereka ke dalam kaos polos. Kaos yang sudah digambar bisa dibawa pulang oleh pengunjung.

Pengunjung juga dapat membuat gerabah atau kreasi dengan bahan dasar tanah liat di Zona Kreasi Gerabah. Berbagai macam bentuk gerabah bisa dibuat oleh pengunjung bahkan gerabah ini bisa dilukis sesuai keinginan. Tentu saja hasil karya para pengunjung boleh dibawa pulang.

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Pintar juga dapat belajar membuat batik di zona kreasi batik. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tentu saja pengunjung bisa membawa pulang hasil karya mereka setelah belajar membuat batik.

Baca tempat membeli batik terlengkap di Jogja : Pasar Beringharjo

5. Gedung Oval

Gedung Oval adalah gedung di Taman Pintar Yogyakarta yang berisi berbagai macam wahana mengenai sains. Di gedung oval ini, nantinya pengunjung akan merasakan berbagai wahana sains yang tidak akan pernah rasakan sebelumnya. Salah satu wahana di gedung oval yang menarik perhatian banyak pengunjung adalah terowongan ilusi. Terowongan ilusi adalah alat peraga berbentuk cakram dengan papan yang berputar sesuai pola tertentu.

Taman Pintar Yogyakarta merupakan obyek wisata edukasi yang ada di Yogyakarta, yang mana Yogyakarta ini memiliki julukan Kota Pelajar. Wisatawan dari berbagai daerah datang ke tempat ini untuk menambah pengetahuan mereka. Untuk Anda yang ingin datang ke tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Karena dengan menggunakan sewa mobil, Anda bisa lebih mudah untuk menjelajah tempat wisata di Yogyakarta. Selain itu, Anda lebih leluasa dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846