Gembira Loka Zoo, Kebun Binatang Terbaik Di Yogyakarta

Gembira Loka Zoo
Rate this post

Kebun binatang merupakan salah satu obyek wisata yang layak dikunjungi bersama keluarga. Di kebun binatang, Anda bisa menyaksikan berbagai macam koleksi satwa dari berbagai negara. Tidak jarang juga kebun binatang menyajikan aneka flora dari seluruh daerah di Indonesia. Di Yogyakarta, terdapat salah satu kebun binatang yang menyajikan berbagai koleksi satwa serta berbagai wahana menarik. Kebun binatang tersebut adalah Gembira Loka Zoo.

Lokasi, Jam Buka, Dan Tiket Masuk

Gembira Loka Zoo beralamat di Jalan Kebun Raya No. 2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta. Jika ditempuh dari Keraton Yogyakarta, jaraknya hanya sejauh 6 kilometer. Kebun binatang ini buka dari jam 07.30 WIB sampai dengan 17.00 WIB setiap harinya.

Lihat juga wisata Jogja lain : Taman Sari

Tiket untuk masuk ke kebun binatang ini adalah sebesar Rp. 25.000 per orang untuk hari biasa, sedangkan untuk Sabtu, Minggu, dan Hari Libur adalah sebesar Rp. 30.000. Bagi Anda yang datang bersama rombongan minimal 25 orang, kebun binatang ini memberlakukan diskon mulai dari 10 hingga 50 persen. Untuk menaiki wahana lainnya, Gembira Loka memberlakukan tiket khusus. Misalnya untuk tiket Perahu Katamaran, wisatawan dikenakan biaya tiket biasa ditambah Rp. 5.000.

Wahana Yang Ada Di Gembira Loka Zoo

Bagi Anda yang ingin datang ke Gembira Loka Zoo, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa wahana yang ada di kebun binatang ini. Sehingga nantinya Anda memiliki gambaran untuk mengunjungi wahana mana saja. Untuk itu, berikut ini wahana yang ada di Gembira Loka Zoo.

1. Skuter Air

Wahana ini merupakan wahana air yang kurang lebih sama dengan jet ski yang ada di laut atau di pantai. Yang membedakan jet ski dengan skuter air adalah skuter air ini hanya beroperasi pada kolam buatan di kebun binatang Gembira Loka. Selain itu, skuter air ini hanya berjalan dengan kecepatan yang pelan sehingga cocok untuk anak-anak. Agar skuter air ini bisa berjalan, Anda tinggal memegang handle gas yang berada di sebelah kanan. Untuk menaiki skuter air ini, Anda tentunya juga harus menggunakan pelampung agar nantinya Anda aman dari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda juga dikenakan biaya Rp. 20.000 untuk menaiki skuter air ini.

2. Terapi Ikan

Beberapa tempat wisata di Indonesia tentunya memiliki wahana terapi ikan yang mana di tempat tersebut bisa dicoba oleh siapa saja. Di Kebun Binatang Gembira Loka juga terdapat wahana terapi ikan yang mana sedang menjadi tren di masyarakat. Ikan kecil yang ada di kolam ini nantinya akan menggigit sel-sel kulit mati yang ada pada bagian tubuh Anda. Anda nantinya tinggal mencelupkan kaki ke dalam kola mini dan ikan-ikan kecil ini akan menggigit lapisan kulit mati tanpa rasa sakit. Mencoba wahana ini nantinya juga dapat menghilangkan stres dan menimbulkan rasa senang tersendiri. Untuk mencoba wahana ini, Biaya untuk mencoba wahana ini adalah sebesar Rp. 20.000 dalam waktu 15 menit.

3. Speedboat

Jika Anda ingin mencoba merasakan wahana air yang satu ini, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke pantai, karena di Gembira Loka Zoo sudah tersedia wahana speedboat. Speedboat ini nantinya akan melaju di kolam buatan sama seperti wahana skuter air. Untuk menaiki wahana ini, wisatawan dikenakan biaya Rp. 20.000 per kapal.

4. Onta Tunggang

Koleksi satwa yang ada di kebun binatang ini bisa dibilang cukup banyak sehingga tidak jarang ada beberapa yang menjadi wahana khusus. Salah satunya adalah onta tunggang yang mana merupakan relokasi dari kandang yang lama. Wahana ini menggunakan unsur timur tengah yang mana di dalamnya ada bangunan pyramid seluas 1.103 meter persegi. Pengunjung kebun binatang ini nantinya bisa merasakan sensasi menaiki onta yang mana di wahana ini terdapat 8 ekor onta.

5. Perahu Katamaran

Perahu Katamaran menjadi salah satu wahana yang difavoritkan oleh para pengunjung Gembira Loka serta dapat menampung 40 orang. Di wahana ini, Anda akan mengelilingi danau buatan dengan pemandangan yang indah serta nantinya Anda bisa melihat bangunan Mayang Tirta. Bangunan Mayang Tirta merupakan sebuah bangunan yang berupa kapal besar yang ada di tengah danau. Untuk menaiki wahana ini, dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000 per orang. Selain itu, ada juga paket hemat untuk menaiki wahana ini sebesar Rp. 5.000 jika Anda membeli di loket masuk. Selain itu tersedia juga paket Kataring yang mana Anda bisa menaiki perahu katamaran dan transportasi keliling hanya dengan Rp. 25.000.

6. Transportasi Keliling

Selain perahu katamaran, ada juga kendaraan yang dapat membantu Anda untuk mengetahui tempat-tempat menarik yang ada di Gembira Loka. Nama wahana tersebut adalah Transportasi Keliling. Transportasi Keliling ini berupa kendaraan dengan kepala gajah pada bagian depan yang siap mengantarkan Anda ke wahana atau kandang satwa di Gembira Loka. Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 8.000 untuk satu stop atau satu pemberhentian, sedangkan untuk multi stop dikenakan biaya Rp. 25.000. Biaya multi stop transportasi keliling ini juga termasuk dengan menaiki wahana Perahu Katamaran.

7. Zoo Express

Zoo Express merupakan wahana kereta mini yang dapat memuat 12 orang anak-anak atau 8 hingga 10 orang dewasa setiap gerbongnya. Kereta mini yang berada di wahana ini memiliki dua gerbong dengan rel kereta dengan tikungan, tanjakan, dan terowongan. Wahana ini berada di lahan seluas 2663 meter persegi dan panjang lintasan sepanjang 300 meter.

8. Perahu Kayuh

Wahana perahu kayuh ini sudah ada sejak lama dan sampai sekarang masih diminati para pengunjung. Bisa dibilang, wahana ini sangat asyik untuk dinaiki bersama dengan keluarga. Perahu kayuh ini hanya memuat dua orang dewasa dan satu anak kecil. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 20.000 per perahu.

Tips Sebelum Berwisata Di Gembira Loka Zoo

Sebelum Anda berencana untuk pergi ke Gembira Loka Zoo, Anda tentunya harus mempersiapkan berbagai hal terlebih dahulu. Agar nantinya Anda bisa berwisata dengan senang hati dan tidak ada yang mengganjal. Untuk itu, Anda harus mencari informasi terlebih dahulu mengenai tempat yang ingin Anda kunjungi. Informasi tersebut bisa dengan cara mengunduh peta Gembira Loka yang ada di website resmi mereka agar nantinya Anda tidak tersesat. Selain itu, Anda bisa menggunakan website resmi tersebut untuk melihat jadwal feeding time atau waktu memberi makan kepada hewan. Anda tidak boleh sembarangan dalam memberi makan hewan yang ada di kebun binatang Gembira Loka.

Ketika mengunjungi kebun binatang, pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman serta mendukung untuk jalan-jalan di kebun binatang. Jenis pakaian yang disarankan adalah menggunakan pakaian berbahan katun, karena pakaian berbahan katun dinilai dapat menyerap keringat. Kenakan juga sepatu yang nyaman serta kaos kaki yang nyaman. Selain itu, bawalah tas yang dapat memuat berbagai barang yang harus Anda bawa. Misalnya air minum, pakaian ganti, dan lain-lain.

Anda tentunya harus mempersiapkan akomodasi untuk menuju ke kebun binatang ini. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan sewa mobil di Jogja untuk mengunjungi wahana ini. Kelebihan yang Anda dapatkan dengan menggunakan sewa mobil adalah Anda bisa menggunakan berbagai jenis mobil yang cocok sesuai kebutuhan Anda.

Lihat juga obyek wisata sejarah Jogja : Keraton Ngayogyakarta

Gembira Loka Zoo merupakan obyek wisata yang sangat layak dikunjungi bersama dengan keluarga. Karena obyek wisata ini dapat membuat anak Anda mendapatkan pelajaran mengenai berbagai hewan. Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan penat dengan mengunjungi kebun binatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846