Goa Pindul, Wisata Jelajah Goa Yang Unik Di Yogyakarta

Goa Pindul

Goa merupakan salah satu tempat yang saat ini diminati oleh wisatawan. Hal yang membuat mereka penasaran adalah isi goa yang tidak banyak orang ketahui. Seperti salah satunya adalah Goa Pindul yang mana merupakan sebuah goa unik yang di dalamnya terdapat sungai serta tempat ini menjadi rekomendasi wisata.

Sekilas Mengenai Goa Pindul

Goa Pindul merupakan goa purba yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Meskipun menjadi goa yang sudah lama ada, tetapi tidak ada bukti mengenai keberadaan goa yang unik ini. Sehingga asal-usul serta kejadian mengenai goa  ini belum pernah terkuak dan masih menjadi misteri. Bahkan sampai saat ini tempat ini masih dianggap sakral.

Hal tersebut karena sejak dahulu masyarakat setempat percaya bahwa goa ini merupakan area yang sakral meski tidak dibuat sebagai sebuah tempat pemujaan.

Goa ini kemudian beralih fungsi menjadi tempat wisata. Semuanya berawal dari kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa UGM yang ingin meneliti bebatuan serta kedalaman air di goa ini. Saat menyusuri kawasan goa bagian dalam, salah seorang mahasiswa terpukau dengan keindahan goa ini. Sehingga muncul gagasan untuk menjadikan goa ini sebagai tempat wisata.

Akhirnya penelitian yang dilakukan mahasiswa UGM tersebut berkembang dengan meneliti pula keamanan dan kelayakan Goa Pindul untuk menjadi tempat wisata. Setelah benar-benar dirasa aman, gagasan tersebut kemudian disampaikan ke masyarakat setempat yang saat ini tergabung dalam kelompok sadar wisata atau pokdarwis.

Setelah gagasan tersebut disampaikan, warga sekitar kemudian sepakat untuk menjadikan goa ini sebagai lokasi wisata. Selain itu, warga sekitar juga melengkapi berbagai sarana untuk memudahkan serta menunjang para wisatawan. Sehingga tepat pada 10 Oktober 2010, Goa Pindul resmi dibuka dengan dihadiri masyarakat beserta para pejabat daerah.

Dalam kurun waktu sekitar satu tahun, goa ini menjadi sorotan publik serta menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi masyarakat. Bahkan beberapa website juga memberikan ulasan mengenai tempat wisata ini sehingga makin dikenal oleh masyarakat.

Lihat juga tempat wisata lain yang selalu ramai dikunjungi : Candi Prambanan dan Candi Borobudur

Lokasi, Rute, Jam Operasional, Dan Tiket Masuk

Goa Pindul Jogja berada di Gelaran 1, Bejiharjo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891.  Jaraknya kurang lebih 7 kilometer dari pusat kota Wonosari atau sekitar 2 jam perjalanan. Kondisi jalan menuju ke goa ini sudah cukup baik dan bisa ditempuh dengan berbagai kendaraan. Jalannya sudah diberi aspal hotmix sampai area parkir kendaraan.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai 06.30 hingga 17.00 WIB. Sedangkan untuk tiket masuk menuju ke Goa Pindul ini terdiri dari 2 macam, yaitu tiket masuk kawasan wisata goa Pindul dan tiket masuk obyek wisatanya. Untuk masuk ke kawasan Goa Pindul dikenakan tiket sebesar Rp. 10.000 per orang dan untuk masuk ke objek wisata goa Pindul sebesar Rp. 35.000 per orang.

Asal Usul Nama Goa Pindul

Cerita mengenai asal usul nama Goa Pindul ini dimulai dari seseorang yang bernama Ki Ageng Pemanahan dan Ki Juru Mertani. Kedua orang tersebut mendapatkan tugas untuk membunuh bayi yang diperintahkan oleh Panembahan Senopati Mataram. Bayi tersebut tidak lain tidak bukan adalah anak dari Puteri Penembahan Senopati.

Ki Ageng dan Juru Mertani memutuskan melanggar perintah Panembahan Senopati untuk membunuh bayi tersebut. Kemudian kedua orang tersebut memutuskan untuk mengembara ke arah timur sambil membawa bayi. Sampailah kedua orang tersebut bersama bayi Panembahan Senopati di sebuah puncak bukit.

Kesaktian yang dimiliki oleh kedua orang tersebut kemudian meruntuhkan bukit yang mereka pijak. Bukit tersebut menyisakan lubang yang cukup besar yang di bawahnya terdapat sungai yang mengalir. Sang bayi mungil tersebut kemudian dimandikan oleh Ki Ageng dan Ki Juru Mertani di aliran sungai tersebut.

Saat memandikan bayi tersebut, pipi sang bayi terbentur dinding goa hingga benjol. Cerita tersebut kemudian menjadi dasar penamaan tempat wisata ini. Dalam bahasa Jawa, pindul memiliki arti yaitu benjol.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Tempat wisata yang unik ini tentunya memiliki daya tarik tersendiri sehingga wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas. Berbagai aktivitas di goa ini cukup menarik untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di Goa Pindul.

1. Berenang

Wisatawan bisa berenang di Goa Pindul. Sehingga wisatawan tidak perlu ragu dengan air yang mengaliri gua. Karena air di tempat ini tidak akan membuat kulit gatal-gatal atau iritasi. Air yang ada di tempat ini juga sudah tersaring oleh goa-goa yang berada di atasnya sebelum mengalir ke Goa Pindul.

Selain itu air di obyek wisata ini juga berasal dari mata air tanpa terkontaminasi limbah apapun. Sehingga airnya sangat jernih dan masih terjaga. Wisatawan juga tidak perlu takut tenggelam karena sudah disediakan pelampung. Maka dari itu bagi wisatawan yang tidak bisa berenang juga dapat menikmati rasanya berenang di Goa Pindul.

2. Belajar Sejarah

Goa Pindul sendiri sudah ada sejak zaman dahulu, sehingga wisatawan juga bisa belajar sejarah mengenai goa ini. Meskipun belum bisa dibuktikan secara pasti, tetapi jika mengikuti alur cerita kerajaan Mataram akan menjadi masuk akal. Wisatawan juga bisa bertanya mengenai sejarah tempat ini kepada juru kunci.

Tidak hanya belajar sejarah mengenai Goa Pindul, wisatawan juga bisa melihat sisa-sisa peninggalan jaman Panglima Jenderal Sudirman. Selain itu juga terdapat sebuah bendungan yang dibuat pada zaman penjajahan dan masih berdiri kokoh sampai saat ini.

3. Mengambil Gambar Pemandangan

Selain menikmati indahnya pemandangan yang unik, wisatawan juga bisa mengambil gambar di goa ini. Karena di tempat ini juga tidak ada larangan memotret, sehingga wisatawan bisa bebas untuk mengambil gambar di Goa Pindul

Wisatawan juga bisa mengambil gambar dengan berbagai cara, baik itu selfie maupun dengan cara yang lain. Goa Pindul juga menjadi tempat yang sering digunakan untuk foto prewedding, syuting iklan, dan lain-lain. Sehinga jangan heran jika tempat ini sangat ramai dan penuh oleh wisatawan dari berbagai daerah.

4. Menguji Adrenalin

Bagi anda pecinta adventure di Goa Pindul bisa anda jadikan sebagai tempat uji adrenaline anda.  Memanjat dan melompat dari ketinggian menjadi salah satu yang menarik disini. River tubing atau yang juga disebut dengan cave tubing juga menjadi salah satu sarana untuk menguji adrenalin wisatawan.

Sehingga wisatawan bisa merasakan serunya berwisata di tempat ini. Kegiatan ini sayangnya hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja. Hal tersebut karena jumlah pengunjung yang tidak tentu.

5. Memperdalam Geologi

Goa Pindul juga menjadi tempat untuk belajar mengenai geologi. Wisatawan diperbolehkan untuk meneliti bebatuan yang ada di Goa Pindul. Wisatawan bisa mempelajarinya tanpa harus merusaknya. Di Goa Pindul ini sebagian besar terdapat batu karts. Selain itu juga ada jenis-jenis batu yang lain dengan ukuran yang berbeda-beda.

Goa Pindul merupakan tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi terutama bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam. Sehingga bagi wisatawan yang ingin datang ke Goa Pindul bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Karena untuk menempuh tempat ini sangat jauh dari kota sehingga membutuhkan sewa mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846