Goa Jomblang, Goa Yang Penuh Dengan Hal Mistis

Goa Jomblang

Salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan wisata alamnya yang beragam adalah Kabupaten Gunungkidul. Di kabupaten ini, wisatawan tidak hanya bisa berwisata di pantai, tetapi juga berwisata di tempat lainnya. Salah satunya adalah berkunjung ke goa yang bentuknya vertikal yaitu Goa Jomblang.

Lihat juga goa lain yang sangat menarik untuk dikunjungi : Goa Kiskendo dan Goa Tanding

Goa Jomblang merupakan goa yang ada di Kabupaten Gunungkidul yang mana merupakan goa vertikal. Terbentuknya goa ini karena ratusan tahun yang lalu terdapat tanah yang ambles sampai ke dasar bumi. Fenomena ini tentunya tidak dibuat secara langsung oleh manusia melainkan hal ini menjadi salah satu keajaiban alam.

Sekilas Mengenai Goa Jomblang

Tanah ambles ini kemudian membentuk sebuah sumuran atau yang disebut dengan sinkhole yang dalam bahasa Jawa disebut dengan luweng. Hal itu yang membuat goa ini unik karena di dasar goa terdapat hutan purba dengan mulut goa yang berbentuk horizontal. Mulut goa ini memiliki diameter sekitar 50 meter. Tempat ini juga sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.

Untuk memasuki Goa Jomblang, pengelola memberikan peralatan khusus yang mana sudah sesuai standar sehingga aman untuk digunakan. Wisatawan nantinya akan melewati trek yg berlumpur dan kondisi ruangan yang lembab serta medan turunan dan tanjakan dengan durasi kurang lebih 3 jam.

Untuk proses menuruni goa ini menggunakan sistem timba atau pulley system. Selain proses turun, proses naiknya ditarik manual oleh banyak orang, yaitu sekitar 20 sampai 30 orang.

Lokasi, Rute, Dan Tiket Masuk Goa Jomblang

Goa Jomblang ini berada di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semaru, Kabupaten Gunungkidul. Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta, perjalanan untuk menuju ke goa ini bisa mencapai 1,5 jam perjalanan. Wisatawan bisa menggunakan aplikasi peta seperti Google Maps dan lain-lain jika wisatawan bingung cara untuk menuju ke Goa Jomblang ini.

Untuk jam buka dari Goa Jomblang sendiri adalah setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai 14.00 WIB. Akan tetapi bagi wisatawan yang ingin berburu spot terbaik dari goa ini, maka disarankan bagi wisatawan untuk datang pada jam 10.00 sampai 12.00 WIB. Biaya tiket masuknya cukup mahal, yaitu Rp. 450.000.

Mahalnya biaya tiket masuk ini karena fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola, yaitu alat untuk menjelajah goa dan lain sebagainya. Namun jika wisatawan sudah memiliki alat sendiri, maka wisatawan tidak akan dikenakan biaya. Goa Jomblang juga memiliki biaya parkir untuk motor dan mobil, yaitu sekitar Rp. 3.000.

Misteri Goa Jomblang

Misteri mengenai Goa Jomblang ini sebenarnya sudah banyak dikenal oleh masyarakat sekitar. Tempat ini konon menjadi tempat pembunuhan terduga anggota PKI. Tidak hanya terduga anggota PKI saja yang dibunuh di sini, tetapi juga banyak orang yang meninggal di sini. Diduga kejadian pembunuhan ini terjadi sekitar tahun 1965.

Pembantaian anggota PKI ini di lakukan dengan cara mengikat tangan antara anggota satu dengan anggota yang lainnya. Setelah itu, satu persatu anggota PKI ditembak lalu dimasukkan ke dalam goa. Mitos ini sudah menjadi rahasia umum sehingga wisatawan tidak perlu takut lagi. Selain itu, mayat yang ada di goa ini juga sudah dibersihkan.

Selain mitos mengenai pembunuhan PKI, terdapat juga mitos mengenai suara jeritan di goa ini. Suara jeritan ini terdengar seperti jeritan meminta pertolongan yang sangat menyayat hati. Terkadang suara ini terdengar saat malam tidak ada bulan, atau ketika mendung yang tebal menutupi bintang-bintang. Tidak bisa diperkirakan kapan jeritan itu terdengar kembali.

Tips Berwisata Ke Goa Jomblang

Sebelum berwisata ke Goa Jomblang, tentunya wisatawan harus mengetahui tips untuk berwisata ke Goa Jomblang. Agar nantinya wisatawan bisa berwisata dengan aman dan nyaman. Berikut adalah beberapa tips berwisata ke Goa Jomblang.

1. Membawa Pakaian Yang Nyaman

Membawa pakaian yang nyaman menjadi tips yang sangat wajib dilakukan sebelum wisatawan pergi ke Goa Jomblang. Pakaian yang nyaman saat berwisata, terutama di obyek wisata alam ini, dapat membantu wisatawan untuk bergerak dengan leluasa.

Sehingga wisatawan wajib untuk membawa pakaian yang nyaman, seperti kaos, celana gunung, dan sandal gunung. Tidak hanya itu, wisatawan juga wajib untuk membawa pakaian ganti. Karena sebelum menuju ke goa, wisatawan akan melewati trek berlumpur. Sehingga wisatawan bisa membersihkan diri terlebih dahulu sebelum masuk ke goa.

2. Berkunjung Pada Saat Yang Tepat

Waktu yang tepat untuk berkunjung memang harus dicari, terlebih bagi wisatawan yang datang ke obyek wisata Goa Jomblang ini. Pemandangan goa vertikal yang indah dipadu dengan sinar matahari yang masuk ke goa tentu akan memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Sehingga bagi wisatawan yang ingin datang ke goa ini bisa berkunjung pada saat yang tepat, kurang lebih antara jam 10.00 sampai 12.00 WIB. Di jam tersebut, wisatawan akan menyaksikan takjubnya pemandangan yang indah dari dalam goa.

3. Membawa Perbekalan Yang Cukup

Selain membawa pakaian yang nyaman, hal yang penting sebelum berwisata ke Goa Jomblang adalah membawa perbekalan yang cukup. Dengan membawa perbekalan yang cukup, wisatawan tidak akan bingung ketika kehabisan bekal.

Uang termasuk juga dengan perbekalan yang harus Anda bawa. Karena tempat wisata ini jauh dari ATM, wisatawan diharapkan membawa uang cash. Pastikan juga wisatawan mengambil uang terlebih dahulu sebelum datang ke goa ini.

4. Persiapkan Kondisi Fisik

Mempersiapkan kondisi fisik menjadi hal yang utama sebelum berwisata ke mana saja. Kondisi fisik yang sehat tentunya dapat membuat wisatawan bisa berkunjung dengan nyaman. Sehingga wisatawan tidak jatuh sakit di tengah perjalanan.

Akan tetapi wisatawan juga perlu waspada untuk menyiapkan obat-obatan pribadi. Karena obat-obatan ini bisa membuat kondisi kesehatan wisatawan tetap terjaga.

5. Membawa Kamera

Kamera menjadi barang yang harus dibawa ketika berwisata di manapun. Karena kamera menjadi salah satu gadget yang dapat mengabadikan momen ketika wisatawan sedang berkunjung ke suatu tempat wisata. Sehingga wisatawan harus membawa kamera ketika berwisata.

Tidak hanya membawa kameranya saja, wisatawan juga perlu mempersiapkan kelengkapan kamera terlebih dahulu. Seperti mempersiapkan baterai kamera, lensa kamera, memori kamera, dan lain sebagainya. Apabila terpaksa tidak membawa kamera, maka wisatawan bisa membawa handphone.

Penutup

Goa Jomblang merupakan salah satu goa yang ada di Gunungkidul yang memiliki keunikan yaitu bentuk dari goa yang vertikal. Tentunya bagi wisatawan hal ini menjadi salah satu obyek wisata yang unik. Karena bentuk dari goa sendiri yang tidak bisa wisatawan temukan di tempat lain. Sehingga goa ini menjadi rekomendasi wisata alam yang tepat.

Selain itu, yang unik di goa ini adalah adanya hutan purba di dalam goa. Pemandangan seperti ini juga tidak bisa ditemukan di tempat lain. Obyek wisata ini letaknya lumayan jauh dari Kota Yogyakarta. Sehingga wisatawan bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Wisatawan dapat menggunakan berbagai jenis mobil untuk menuju ke obyek wisata ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846