Goa Tanding, Tempat Wisata Unik Tandingan Goa Pindul

Goa Tanding
Rate this post

Gunungkidul adalah sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki potensi wisata yang cukup besar, hal tersebut karena kondisi alam Gunungkidul yang terdapat pada perbukitan kars, membuat banyak tempat wisata yang ada di daerah ini, salah satunya adalah Goa Tanding.

Goa Tanding adalah sebuah goa yang letaknya berdekatan dengan Goa Pindul. Keberadaan goa ini ada untuk menyaingi Goa Pindul yang sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat. Sehingga jika wisatawan yang ingin berkunjung ke Goa Pindul tetapi saat itu sedang ramai, maka wisatawan bisa berkunjung ke Goa Tanding.

Baca selengkapnya tentang : Goa Pindul

Lokasi, Rute, Dan Tiket Masuk Goa Tanding

Goa Tanding berada di Dusun Gelaran II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Gunungkidul, Kabupaten Gunungkidul. Jika wisatawan datang dari pusat Kota Yogyakarta, maka wisatawan tinggal menuju ke arah Wonosari, tepatnya lurus dari Jalan Solo sampai ke pertigaan Prambanan kemudian belok kanan.

Setelah belok kanan ikuti jalan terus hingga sampai ke pusat kota Wonosari. Setelah sampai ke Wonosari, ambil arah ke kiri dan ikuti pemandu yang ada di jalan tersebut untuk ke Goa Tanding. Arahnya hampir sama seperti wisatawan ingin ke Goa Pindul.

Wisatawan yang ingin menuju ke goa ini dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Harga tersebut belum termasuk dengan menjelajah goa dengan menggunakan kapal yang terbuat dari karet.

Asal Usul Goa Tanding

Nama Goa Tanding ini berasal dari pembuatan sumur air oleh masyarakat sekitar yang bernama Harjo Tanding. Beliau menggali sumur akan tetapi tidak kunjung mendapat air, lalu mbah Harto Tanding ini berniat untuk menggali semakin dalam. Alhasil ketika mbah Harto Tanding sedang menggali, beliau menggali sampai ke rongga bumi dan tidak sengaja menemukan goa.

Goa ini pada awalnya tidak memiliki akses keluar masuk kecuali lewat sumur mbah Harto. Karena goa ini cukup luas dan bahkan melebihi goa Pindul, maka goa ini dinamakan goa tanding. Nama Tanding sendiri diambil dari nama mbah Harto Tanding yang menemukan goa ini terlebih dahulu.

Setelah di lakukan penelitian serta penggalian lagi, Goa Tanding ini bisa dijadikan tempat wisata baru yang sejenis dengan goa Pindul. Goa ini bahkan lebih luas dan lebih panjang dari Goa Pindul. Jalan masuknya juga sekarang ditambahkan sehingga untuk memudahkan akses menikmati indahnya wisata susur air bawah tanah.

Goa ini sebelumnya gelap gulita dan kurang sirkulasi udara. Akan tetapi sekarang sudah di buat lubang untuk pergantian udara. Selain itu, Goa ini bahkan menjadi alternatif wisata untuk menjelajah goa.

Ada juga wisata goa lain yang tidak kalah menariknya : Goa Kiskendo

Hal Menarik Yang Ada Di Goa Tanding

Berwisata ke Gunungkidul apalagi di Goa Tanding memang merupakan hal yang seru. Goa ini menjadi alternatif berwisata di Gunungkidul. Hal tersebut karena tempat ini memiliki beberapa daya tarik.  Berikut adalah daya tarik dari Goa Tanding.

1. Batu Stalaktit

Batu Stalaktit merupakan jenis batu yang menggantung di langit-langit Goa Tanding. Terbentuknya batu stalaktit ini adalah ketika air yang mengandung berbagai jenis mineral menetes dari langit goa. Pertumbuhan dari batu stalaktit ini sendiri adalah dari atas ke bawah sehingga berbentuk seperti taring.

Selain itu, batu stalaktit ini jua terbentuk melalui pelarutan batu kapur yang mengendap dan menempel di bagian atap Goa ini. Batu stalaktit ini juga terbentuk dari larva atau tanah. Sehingga di Goa ini bisa ditemukan banyak batu stalaktit.

2. Batu Stalagmit

Selain batu stalaktit, di goa ini juga terdapat batu stalagmit. Batu stalagmit terbentuk karena akumulasi tetesan air yang bercampur dengan mineral yang sampai ke dasar Goa. Jika batu stalaktit tumbuh dari atas ke bawah, maka batu stalagmit ini tumbuh dari bawah ke atas. Sehingga wisatawan juga bisa menemukan batu ini dengan mudah.

3. Batu Kolom

Batu Kolom adalah batuan yang ada di titik tengah antara pertemuan batu stalaktit dan stalagmit. Pertemuan antara kedua batu tersebut di akibatkan oleh terlalu panjangnya batu stalaktit dan stalagmit.

Selain itu ruang yang tidak terlalu tinggi juga menjadi penyebab terbentuknya batu kolom. Pertumbuhan batu ini sendiri bisa dibilang sangat lama, bahkan bisa mencapai jutaan tahun untuk menunggu pertemuan kedua batu ini. Wisatawan juga bisa menjumpai jenis batu ini di goa ini.

4. Cave Tubing

Cave Tubing menjadi salah satu daya tarik di Goa ini. Wisatawan nantinya akan merasakan serunya menjelajah goa dengan cara yang unik. Tempat wisata ini berbeda dengan Goa Pindul, karena wisatawan akan menjelajah goa ini dengan menggunakan perahu dari karet. Wisatawan juga tidak perlu takut tenggelam karena sudah disediakan pelampung.

5. Camping di Goa Tanding

Berwisata ke Goa Tanding tidak hanya merasakan sensasi menjelajah goa saja, tetapi wisatawan juga bisa berkemah atau camping di area sekitar goa. Di area sekitar goa ini sudah disediakan padang rumput luas yang dapat menampung sekitar 50 tenda. Jadi tidak salah jika tempat ini disebut tempat wisata yang unik dekat Goa Pindul.

6. Mitos Batu Besar Goa Tanding

Tidak hanya menyimpan sensasi keseruan berwisata, goa ini juga memiliki mitos yang sampai saat ini masih belum ditemukan jawabannya. Mitos tersebut adalah bongkahan batu besar yang berada di tengah goa. ASC atau Acyntyacunyata Speleological Club pernah melakukan penelitian di goa ini dan mengatakan bahwa batu besar di dalam Goa tanding merupakan patahan dinding goa. Patahan dinding goa ini kemudian terkena bencana atau retak dan pecah beribu ribu tahun yang lalu.

7. Goa Tersembunyi

Salah satu yang menarik di Goa Tanding ini adalah terdapat goa yang tersembunyi dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk. Goa ini merupakan goa kering yang tidak ada aliran maupun genangan air. Bahkan, akses untuk menuju goa tersembunyi ini bisa dibilang sangat ekstrim.

Karena untuk akses naiknya lumayan sulit untuk dilalui. Pihak pengelola hanya menyediakan sebuah tangga sederhana yang akan membawa kita masuk ke dalam goa tersembunyi. Orang-orang biasanya menyebut goa ini sebagai goa lantai dua.

Untuk keluar dari goa ini, wisatawan harus melompat dari ketinggian kurang lebih 4 meter. Melompatnya juga tidak bisa sembarangan, karena wisatawan harus memanjat ke sisi utara untuk mendapatkan spot yang tepat. Sehingga ini bisa menjadi sarana untuk memacu adrenalin wisatawan.

Penutup

Goa Tanding adalah salah satu dari goa yang ada di Gunungkidul. Tepatnya di Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Obyek wisata ini menjadi salah satu alternatif tempat wisata goa di Kabupaten Gunungkidul. Bahkan jika dibandingkan dengan Goa Pindul, Goa Tanding jauh lebih menarik dan menawarkan banyak hal.

Bagi wisatawan yang ingin datang ke Goa Tanding bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Dengan menggunakan jasa sewa mobil di Jogja, wisatawan bisa menuju ke Goa ini dengan mudah. Mengingat juga tidak ada angkutan umum yang langsung sampai ke Goa Tanding sehingga wisatawan bisa menghemat biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846