Goa Kiskendo, Goa Yang Melegenda Di Kulonprogo

Goa Kiskendo
Rate this post

Keberadaan goa saat ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Karena di goa ini, wisatawan bisa menikmati keunikan yang ada di dalam goa. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar sejarah mengenai goa tersebut. Yogyakarta yang mana menjadi daerah surganya wisata ini tentu memiliki obyek wisata goa yang menarik. Salah satunya adalah Goa Kiskendo.

Lihat juga wisata goa lain : Goa Pindul dan Goa Rancang

Goa Kiskendo adalah goa yang sudah ada sejak zaman dahulu dan sekarang menjadi tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Karena tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi dan juga menyimpan sejarah mengenai keberadaan goa ini. Konon, goa ini memiliki cerita legenda yang berkaitan dengan kisah Ramayana.

Lokasi, Rute, Jam Operasional, Dan Tiket Masuk

Goa Kiskendo berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Lokasinya sekitar 38 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Rute menuju goa ini sangat mudah. Wisatawan menuju ke jalan Godean kemudian ke arah barat hingga ke jalan Goa Kiskendo. Rute perjalanannya naik turun dan berkelok karena lokasi goa ini berada di Pegunungan Menoreh.

Goa Kiskendo Kulon Progo dibuka mulai jam 08.00 sampai 14.00 WIB setiap harinya. Untuk tiket masuknya, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 per orang. Untuk parkir kendaraan dikenakan biaya Rp 2.000 untuk motor, sedangkan mobil sebesar Rp 5.000.

Bahkan wisata Goa Kiskendo semakin meriah dengan adanya pertunjukan seni tarian kisah Ramayana yang digelar mulai pukul 10.00 WIB setiap hari.

Sejarah Goa Kiskendo

Goa Kiskendo ini pada tahun 1964 menjadi sebuah tempat wisata yang dikhususkan sebagai tempat wisata religi. Akan tetapi pada tahun 1974 sampai 1975, Pemerintah Yogyakarta mulai melirik goa ini. Kemudian tahun 2005 sampai saat ini, warga sekitar didapuk untuk mengubah tempat ini menjadi tempat wisata. Sehingga Goa Kiskendo sampai saat ini dilirik oleh masyarakat.

Legenda Goa Kiskendo

Keberadaan Goa Kiskendo ini tentu tidak lepas dari cerita legenda yang pernah terjadi di tempat ini. Menurut legenda, goa ini merupakan istana kerajaan dua makhluk kakak beradik yang bernama Mahesa Sura dan Lembu Sura. Mereka memiliki kesaktian yang tidak bisa diremehkan.

Konon, jika salah seorang di antara mereka ada yang meninggal, ia dapat hidup kembali setelah dilangkahi oleh saudaranya yang hidup.

Pada suatu malam, Mahesa Sura bermimpi sedang bersanding di pelaminan bersama putri Bathara Indra dari Kahyangan, yaitu Dewi Tara. Keesokan hari, Mahesa Sura bermaksud untuk mewujudkan mimpi itu. Ia pun meminta adiknya untuk melamar Dewi Tara di Negeri Kahyangan. Lembu Sura terkejut saat mendengar permintaan kakaknya itu.

Lembu Sura kemudian dengan terpaksa berangkat ke Kahyangan untuk melamar Dewi Tara. Setibanya di Kahyangan, lamaran kakaknya langsung ditolak oleh para dewa di Kahyangan. Akhirnya, sang Lembu Sura kembali ke bumi dengan tangan hampa. Mahesa Sura marah setelah mendengar kabar kembalinya Lembu Sura.

Sehingga saat itu juga, Mahesa Sura mengajak adiknya untuk menyerang Negeri Kahyangan. Setibanya di Kahyangan, mereka langsung mengamuk. Tidak ada satupun dari para dewa yang bisa menandingi kekuatan mereka. Setelah menghacurkan seluruh isi Kahyangan, Mahesa Sura kemudian membawa Dewi Tara ke bumi untuk dinikahi.

Para dewa kemudian sepakat untuk menggunakan Aji Pancasona. Cara tersebut adalah cara yang dapat mengalahkan Mahesa Sura dan adiknya. Akan tetapi, kesaktian tersebut hanya boleh digunakan pada orang-orang yang hatinya bersih. Hingga dipilihlah pertapa bernama Subali dan Sugriwo untuk menggunakan kekuatan tersebut.

Sampailah di Kiskendo, Subali kemudian meninggalkan pesan kepada Sugriwo jika terdapat darah merah keluar dari goa, maka Sugriwo yang mati. Sebaliknya jika darah putih yang keluar, maka Subali yang mati. Kemudian setelah peperangan tersebut, darah merah dan putih keluar dari goa. Sugriwo menganggap keduanya sudah mati dan Sugriwo kemudian menutup pintu goa.

Aktivitas Menarik Goa Kiskendo

Di dalam goa ini tentu terdapat aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Berikut ini adalah aktivitas menarik yang bisa wisatawan lakukan di Goa Kiskendo.

1. Menikmati Air Segar Dari Dalam Goa

Wisatawan akan berkesempatan merasakan air segar yang ada di dalam goa. Letak dari air segar ini berada tepat di tengah-tengah goa, yang mana terdapat uangan yang mirip dengan aula kecil. Di sebelah aula tersebut terdapat sebuah gentong berisi air yang berasal dari tetesan stalaktit. Wisatawan bisa meminum air segar ini setelah menempuh perjalanan menyusuri goa.

2. Berfoto

Berfoto dengan pemandangan goa juga menjadi aktivitas yang bisa wisatawan lakukan. Agar hasilnya lebih jelas, wisatawan juga butuh teknik khusus yaitu menambah pencahayaan. Pahatan relief yang luar biasa beserta ornamen stalaktit dan stalaknit ini sangat sayang jika dilewatkan. Bahkan berfoto di tempat ini bisa menjadi sesuatu yang mengesankan.

3. Menyaksikan Relief Kisah Ramayana

Pahatan relief kisah Ramayana di sekitar pintu masuk gua akan membuat mata wisatawan takjub. Relief ini menceritakan mengenai kisah Ramayana. Tidak hanya cerita Ramayana saja, wisatawan juga bisa melihat relief mengenai Legenda Goa Kiskendo.

Relief juga menggambarkan pertempuran Sugriwa dan Subali melawan Mahesa Sura dan Lembu Sura. Bahkan pada pahatan relief ini juga ada di langit-langit goa yang memamerkan kepanikan Subali terkurung di pintu masuk akibat tertutup batu.

4. Belajar Sejarah

Wisatawan yang berkunjung kesini sekaligus juga belajar sejarah dengan menyaksikan relief yang terpahat di goa ini. Selain itu, wisatawan juga tidak perlu ragu untuk bertanya kepada pemandu wisata mengenai sejarah Goa Kiskendo ini. Sehingga tempat ini selain menjadi obyek wisata alam juga menjadi obyek wisata sejarah yang wajib untuk dikunjungi.

5. Menyusuri Goa

Sudah tentu jika wisatawan berwisata ke goa harus merasakan sensasi menyusuri goa. Untuk menyusuri goa, wisatawan tidak perlu takut karena sudah didampingi oleh para pemandu wisata di Goa Kiskendo. Selain itu, wisatawan juga perlu menggunakan pakaian yang nyaman agar wisatawan bisa leluasa untuk menjelajah serta menyusuri goa Kiskendo.

6. Menikmati Pemandangan

Kulonprogo merupakan kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang tentunya masih asri dan udaranya segar. Kabupaten ini juga berbatasan dengan Kabupaten Purworejo. Sehingga udaranya masih terasa segar dan sejuk. Tidak hanya itu, pemandangan sekitar Goa Kiskendo juga sangat enak untuk dipandang. Itulah mengapa tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

7. Menyaksikan Pertunjukan Tarian

Di Goa Kiskendo selain melihat pemandangan, wisatawan juga bisa menyaksikan pertunjukan tarian yang dibawakan oleh warga sekitar. Pertunjukan tarian ini bisa wisatawan lihat mulai dari jam 10.00 WIB. Seni tari tersebut menampilkan kisah Ramayana. Sehingga pengunjung tidak boleh melewatkan pertunjukan tari ini.

Goa Kiskendo merupakan goa yang menjadi tempat di mana Mahesa Sura dan Lembu Sura tinggal pada masa itu. Cerita tersebut menjadikan tempat ini dikenal oleh masyarakat. Sehingga Goa Kiskendo menjadi tempat untuk belajar sejarah sekaligus wisata alam. Bagi wisatawan yang ingin datang ke tempat ini disarankan untuk menggunakan jasa sewa mobil di Jogja.

Dengan menggunakan jasa sewa mobil di Jogja, wisatawan bisa menuju ke tempat ini dengan mudah. Mengingat juga dari pusat kota Yogyakarta tidak ada angkutan umum yang langsung menuju ke Goa Kiskendo. Sehingga wisatawan bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846