Embung Tambakboyo, Wisata Yogyakarta Terbaru

Embung Tambakboyo

Waduk adalah danau buatan yang fungsinya sebagai sarana untuk menyimpan air. Keberadaan waduk ini sangat berguna untuk masyarakat, terutama bagi warga Yogyakarta. Daerah istimewa ini tentunya memiliki waduk yang sangat wajib dikunjungi oleh wisatawan. Waduk tersebut adalah Embung Tambakboyo.

Dalam bahasa Jawa, embung juga bisa diartikan sebagai waduk atau sarana menyimpan air. Embung Tambakboyo menjadi salah satu waduk yang sangat penting bagi kehidupan warga Yogyakarta. Karena waduk ini mampu mengaliri tiga wilayah sekaligus, yaitu Kabupaten Sleman, Kotamadya Yogyakarta, dan Kabupaten Bantul.

Sekilas Mengenai Embung Tambakboyo

Sejak tahun 2003 sudah ada perencanaan untuk pembangunan embung dan pada tahun tersebut sudah mulai dibangun waduk tersebut. 5 tahun kemudian, bangunan waduk tersebut sudah selesai dibangun. Waduk dengan luas 7,8 hektar dan volume tampungan air sekitar 400.000 meter kubik ini memiliki wilayah yang luas.

Fungsi utama dari waduk ini adalah cadangan dan resapan air tanah untuk warga Yogyakarta khususnya. Selain itu waduk ini adalah sebagai sarana pengairan dan cadangan air. Seiring berkembangnya zaman, waduk ini digunakan sebagai sarana rekreasi, olahraga, dan sarana berkumpul.

Lokasi dan Rute Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo ini terletak di tiga desa, yaitu Condongcatur, Maguwo, dan Wedomartani. Lokasinya ini tidak terlalu jauh dari obyek wisata Jogja Bay, terminal Condongcatur, dan UPN Veteran Yogyakarta. Rutenya juga sangat mudah ditempuh. Dari UPN Veteran, wisatawan bisa menuju ke arah utara tepatnya di perempatan UPN Veteran Yogyakarta.

Dari perempatan UPN tersebut lurus sampai masuk ke perumahan yang menunjukkan penunjuk arah ke Embung Tambakboyo. Setelah menemukan petunjuk arah tersebut, wisatawan tinggal belok ke kanan. Selanjutnya jika wisatawan sudah menemukan homestay, wisatawan sudah sampai ke Embung Tambakboyo yang mana lokasi embung tersebut ada di bawah homestay.

Daya Tarik Embung Tambakboyo

Bendungan kecil ini mampu mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah. Warga sekitar bendungan memanfaatkan tempat ini sebagai ladang penghidupan bagi mereka setiap hari. Seperti misalnya ada warga yang membuka warung makan atau juga sekedar menyediakan jasa parkir kendaraan.

Bahkan setiap hari banyak warga yang berdatangan ke tempat ini untuk berolahraga, jalan-jalan, dan berkumpul dengan kerabat. Malah ada yang melakukan kegiatan memancing di Embung Tambakboyo. Pemandangan hutan-hutan kecil yang mengelilingi embung ini semakin menambah kesejukan dari tempat ini.

Aneka jajanan dan minuman warung-warung kecil yang ada di tempat ini, seperti angkringan, akan menawar rasa dahaga dan rasa lapar anda. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin melepas penat dan melihat pemandangan di pinggir kota Yogyakarta.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini tidak dikenakan biaya masuk, akan tetapi dikenakan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan. Yaitu sekitar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca juga tempat wisata gratis di Yogyakarta : Titik Nol dan Jalan Malioboro

Tips Berwisata Ke Embung Tambakboyo

Sebelum berkunjung ke Embung Tambakboyo, wisatawan harus mengetahui beberapa tips berwisata di tempat ini. Agar nantinya wisatawan bisa berwisata dengan aman dan selamat. Berikut adalah tips berwisata ke Embung Tambakboyo.

1. Gunakan Pakaian Senyaman Mungkin

Karena tempat ini adalah tempat yang nyaman dan asyik untuk menghilangkan jenuh, wisatawan harus menggunakan pakaian yang senyaman mungkin. Menggunakan pakaian yang nyaman tentunya dapat membuat wisatawan tidak merasa gerah ketika berkunjung ke tempat ini. Selain itu, menggunakan pakaian yang nyaman dapat membuat tubuh bisa bergerak dengan leluasa.

Sehingga, wisatawan harus menyiapkan pakaian yang tidak menyerap panas. Seperti misalnya kaos berwarna putih. Siapkan juga celana yang memungkinkan untuk bisa bergerak dengan nyaman. Tidak hanya celana, gunakan juga alas kaki yang nyaman. Mengenakan sandal atau sepatu kets juga bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Embung Tambakboyo.

2. Siapkan Kamera

Kamera adalah salah satu benda yang wajib dibawa oleh wisatawan ketika berkunjung ke suatu tempat. Adanya kamera ini bisa mengabadikan berbagai momen-momen atau pemandangan yang ada di sebuah tempat wisata. Sehingga ketika berkunjung ke Embung Tambakboyo, wisatawan harus membawa kamera baik itu kamera digital atau kamera ponsel.

Sebelum berlibur, pastikan juga baterai kamera mencukupi untuk mengabadikan pemandangan di Embung Tambakboyo. Tentunya sayang sekali jika wisatawan tidak mengambil gambar pemandangan yang tidak ada di tempat lain. Selain baterai kamera harus mencukupi, pastikan juga kartu memori kamera cukup untuk mengambil gambar ataupun video. Sehingga wisatawan bisa berfoto tanpa ada halangan.

3. Persiapkan Fisik Sebelum Berwisata

Fisik dan mental tentunya juga harus disiapkan sebelum berwisata ke Embung Tambakboyo. Pentingnya menyiapkan fisik dan mental sebelum berwisata adalah wisatawan tidak jatuh sakit ketika sedang berwisata. Selain itu badan yang sehat tentunya dapat mendukung untuk melakukan berbagai kegiatan di tempat wisata yang ada.

Pastikan untuk tidak begadang semalaman kira-kira 3 hari sebelum berwisata sehingga wisatawan harus memiliki jam tidur yang cukup sebelum berwisata. Apabila terpaksa Anda jatuh sakit di tengah perjalanan, siapkan juga obat-obatan pribadi yang harus dibawa. Sehingga nantinya wisatawan bisa menikmati pemandangan indah nan cantik yang ada di Embung Tambakboyo.

4. Membawa Perbekalan Yang Cukup

Selain persiapan fisik, perbekalan yang cukup tentunya harus dipersiapkan wisatawan terlebih dahulu sebelum datang ke Embung Tambakboyo. Perbekalan tersebut bisa berupa uang untuk membeli tiket perjalanan, tiket masuk tempat wisata, membeli oleh-oleh, dan lain sebagainya. Dengan bekal yang cukup, wisatawan bisa berwisata tanpa ada kendala sama sekali.

Selain itu, wisatawan juga harus menyiapkan uang kertas dan uang receh sebelum berwisata ke tempat ini. Meskipun sebelum sampai ke tempat ini Anda akan menemukan ATM, akan tetapi menyiapkan uang tentunya sah-sah saja. Sehingga wisatawan harus menyiapkan perbekalan yang cukup sebelum berwisata ke Embung Tambakboyo.

5. Menggunakan Jasa Sewa Mobil di Jogja

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota dan tidak membawa kendaraan pribadi, wisatawan bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Menggunakan jasa sewa mobil di Jogja adalah hal yang wajar dan sering dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Karena mereka memahami bahwa menyewa mobil tentunya lebih nyaman dibanding membawa kendaraan pribadi.

Manfaat menggunakan jasa sewa mobil di Jogja ini adalah wisatawan bisa menggunakan berbagai mobil yang wisatawan inginkan. Selain itu, wisatawan juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk servis semisal jika kendaraan mogok atau rusak. Bahkan wisatawan juga bisa mendapatkan rekomendasi tempat wisata yang ada di sekitar Embung Tambakboyo.

Penutup

Yogyakarta merupakan satu daerah istimewa yang memiliki banyak tempat wisata menarik yang menjadi destinasi wisatawan. Jika orang mengenal Pantai Parangtritis atau kompleks pantai yang ada di Gunungkidul, wisatawan bisa mencoba wisata alam yang baru. Wisata ini juga tidak kalah dibanding wisata alam lainnya di Yogyakarta. Tempat tersebut adalah Embung Tambakboyo.

Embung Tambakboyo menjadi salah satu tempat wisata alam yang diminati oleh warga sekitar. Karena di tempat ini, wisatawan bisa berolahraga serta melakukan banyak kegiatan menarik di sini. Suasananya yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846