D’Walik, Wisata Upside Down Terbaik Di Yogyakarta

D'walik
Rate this post

Wisata Upside Down merupakan salah satu jenis wisata yang baru-baru ini terkenal di Indonesia. Upside down seperti ini menggunakan teknik ilusi optik yaitu mengubah obyek yang ada di tempat ini menjadi terbalik. Di Yogyakarta, tempat wisata seperti ini bernama D’Walik dan menjadi tempat wisata upside down terbaik di Yogyakarta.

Di wahana wisata upside down, Anda akan melihat berbagai obyek misalnya bangunan rumah yang interiornya dibuat terbalik. Wisata sejenis ini sebenarnya sudah ada dan banyak di luar negeri. Akan tetapi di Indonesia, obyek wisata seperti ini mampu menarik minat masyarakat untuk datang ke tempat wisata ini.

Lokasi, Rute, Jam Operasional, Dan Tiket Masuk

D’Walik berada di lingkungan XT Square, yaitu di Jalan Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. Obyek wisata ini sangat mudah dijangkau dari pusat Kota Yogyakarta. Sehingga bagi Anda yang dari luar kota, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Karena dengan menggunakan jasa sewa mobil, Anda bisa mendapat rekomendasi tempat wisata.

Obyek wisata ini masih satu lingkup dengan De Mata Trick Eye Museum dan De Arca Statue Museum. Sehingga untuk jam operasionalnya sama dengan kedua obyek wisata tersebut. Yaitu setiap hari mulai dari jam 10.00 hingga 22.00 WIB. Untuk biaya tiket masuknya dibagi menjadi 3 jenis.

Baca selengkapnya : tentang De Mata Trick Eye Museum dan De Arca Statue Museum

Diantaranya adalah happy hour yang mana dimulai dari jam 10.00 hingga jam 15.00 setiap Senin hingga Jumat dikenakan Rp. 30.000. Kemudian weekday yang dimulai setelah jam happy hour hari Senin hingga Jumat dengan biaya Rp. 40.000.

Yang terakhir adalah tiket weekend yang berlaku dari jam buka sampai jam tutup pada hari Sabtu dan Minggu sebesar Rp. 50.000. Anda juga bisa memasuki D’Walik dengan menggunakan tiket terusan. Tiket terusan ini berkisar dari Rp. 100.000 untuk happy hour, Rp. 120.000 weekday, dan Rp. 140.000 untuk weekend.

Daya Tarik D’Walik

D’Walik adalah museum rumah terbalik yang terbesar. Bahkan koleksinya menjadi museum rumah terbalik dengan koleksi terbanyak di Indonesia. Setidaknya terdapat kurang lebih 30 wahana dengan mengusung konsep Illusion Room.

Yang menarik di D’Walik ini adalah Horor Room yang mana di horor room ini menyajikan ruangan yang seram. Di horor room ini terdapat juga berbagai interior yang mendukung, seperti darah, tengkorak, dan lain-lain.

Selain itu juga terdapat ruangan anti gravitasi yang berupa Ruangan Disko. Ruangan ini diatur dengan sedemikian rupa sehingga memberikan kesan yang berbeda. Di ruangan disko ini, tentu saja para pengunjung bisa berfoto dengan obyek yang ada di ruang disko.

Tidak hanya ruang horor dan ruang disko saja, tetapi ada pula ruangan Barber yang mana mengusung tema barbershop. Arsitektur yang ada di ruangan ini menggunakan metode kemiringan 90 derajat. Terdapat juga ruangan angkringan yang lengkap dengan gerobaknya.

Fasilitas Di D’Walik

Selain beberapa ruangan yang digunakan untuk berfoto, D’Walik juga memiliki berbagai fasilitas yang tentunya menunjang dan mampu memuaskan para pengunjung. Salah satunya adalah merchandise store yang tentunya membuat pengunjung bisa membawa pulang oleh-oleh dari D’Walik. Selain oleh-oleh dari D’Walik, Anda juga bisa berbelanja oleh-oleh dari De Arca dan De Mata.

Tidak hanya merchandise store saja, akan tetapi juga fasilitas umum seperti toilet dan musholla juga ada di tempat ini. Selain itu juga terdapat kostum dan properti yang mampu mendukung kegiatan Anda untuk berfoto di berbagai ruang. Parkir yang disediakan di D’Walik juga bisa dibilang luas untuk berbagai jenis kendaraan.

Tips Berwisata Di D’Walik

Sebelum berwisata ke obyek wisata dengan bentuk rumah terbalik ini, Anda terlebih dahulu harus mengetahui tips berwisata ke D’Walik. Sehingga setelah mengetahui tips ini, Anda bisa menyiapkan apa yang harus Anda persiapkan dengan matang. Berikut adalah tips berwisata di D’Walik.

1. Pastikan Kondisi Fisik Dan Mental Sehat

Tips pertama yang sangat penting untuk Anda lakukan adalah memastikan kondisi fisik serta kondisi mental Anda sehat. Karena dengan kondisi fisik dan mental yang sehat, Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini tanpa ada halangan. Sehingga, Anda harus menjaga kondisi kesehatan Anda sebelum datang ke tempat ini.

Cara mudah untuk menjaga kesehatan Anda sebelum liburan adalah dengan cara tidur yang cukup satu minggu sebelum Anda pergi berlibur. Jam tidur yang cukup tentunya dapat membuat tubuh Anda terasa segar dan nyaman. Selain itu, hindari untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mencegah kantuk satu hari sebelum Anda pergi berlibur.

2. Persiapkan Tempat Tujuan Berwisata

Setelah mempersiapkan kondisi fisik, tentunya Anda harus mempersiapkan tempat mana saja yang ingin Anda kunjungi selain ke D’Walik. Dengan merencanakan tempat mana saja, liburan Anda nantinya akan lebih seru. Selain itu, menentukan tujuan berwisata juga tidak membuat Anda bingung ingin pergi ke tempat wisata lainnya.

Jika Anda masih bingung untuk menentukan tempat tujuan berwisata, alangkah baiknya Anda bisa mencari rekomendasi di internet. Selain mencari rekomendasi di internet, Anda juga bisa bertanya dengan kerabat atau keluarga Anda yang pernah berlibur ke Yogyakarta. Siapa tahu mereka bisa memberikan rekomendasi kepada Anda mengenai tempat wisata di Yogyakarta.

3. Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang

Jika Anda ingin berlibur ke Yogyakarta, Anda tidak perlu membawa banyak barang yang tidak penting. Hal tersebut tentunya dapat membuat Anda keberatan untuk membawa tas yang bersisi berbagai barang Anda. Pastikan untuk memberikan sisa ruang untuk membawa oleh-oleh kepada orang-orang terdekat.

4. Isi Penuh Baterai Kamera Atau Ponsel

Karena di sini adalah wahana yang bisa dijadikan sebagai spot foto, maka Anda harus isi penuh baterai kamera maupun ponsel Anda. Apabila tidak memungkinkan untuk mengisi penuh, maka isilah baterai ponsel Anda secukupnya. Sehingga Anda bisa berfoto dengan obyek yang ada di D’Walik.

Selain mengisi baterai kamera maupun ponsel, Anda juga harus memastikan apakah masih ada cukup ruang memori untuk menyimpan foto. Jika tidak cukup, Anda bisa memindahkan foto-foto lama Anda ke media lain misalnya komputer Anda. Selain itu jika ada foto yang tidak penting, sebaiknya Anda hapus saja.

5. Berkonsultasi Dengan Pengarah Gaya

Di obyek wisata D’Walik terdapat seorang pengarah gaya yang tugasnya mengarahkan pengunjung untuk berfoto di ruangan yang ada. Bagi Anda yang datang ke tempat ini, Anda tidak perlu ragu untuk minta diarahkan oleh para pengarah gaya. Sehingga nanti hasil yang didapatkan akan lebih bagus jika dibandingkan tanpa pengarah gaya.

Penutup

D’Walik merupakan salah satu obyek wisata terbaru yang ada di Yogyakarta. Tempatnya masih satu lingkup dengan XT Square yang mana juga berdiri obyek wisata De Mata dan De Arca Museum. Sehingga XT Square menjadi kawasan yang ramai dikunjungi karena tempat wisatanya yang menarik.

Sedikit saran bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran Anda di Yogyakarta. Jika Anda ingin datang ke tempat ini, Anda bisa datang saat happy hour. Di jam tersebut, tentunya belum banyak yang datang ke tempat wisata ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846