Gumuk Pasir Parangkusumo, Hamparan Pasir Yang Unik

Gumuk Pasir

Bantul merupakan salah satu tempat yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mana memiliki wisata alam yang indah. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Parangtritis. Selain Pantai Parangtritis, terdapat juga tempat wisata alam yang unik tetapi sudah terkenal karena keindahannya. Tempat tersebut adalah Gumuk Pasir Parangkusumo.

Lihat juga tempat wisata alam yang indah lainnya : Gunung Nglanggeran dan Gunung Ireng

Dalam bahasa Jawa, Gumuk berarti gundukan. Jadi, Gumuk Pasir merupakan gundukan-gundukan pasir yang luas. Lokasi gumuk pasir ini berada di sebelah barat Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Tempat seperti ini hanya ada dua di dunia, yaitu di Meksiko dan di Indonesia. Sehingga tempat ini sering ramai dikunjungi wisatawan.

Awal Mula Terbentuknya Gumuk Pasir

Gundukan pasir yang ada di Gumuk Pasir Parangkusumo ini berasal dari berasal dari letusan abu vulkanik gunung yang terbawa oleh aliran Sungai Opak dan Sungai Progo yang mengalir hingga ke Pantai Parangtritis. Abu vulkanik tersebut kemudian terbawa oleh ombak dan terombang-ambing hingga berubah menjadi butiran-butiran halus.

Butiran-butiran halus tersebut selanjutnya menepi ke pantai karena proses yang terjadi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga dari situ terbentuklah gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Hingga kini, tempat ini semakin melebar dan tinggi akibat tiupan angin secara terus-menerus.

Selain menjadi tempat wisata, tempat ini juga sering dijadikan sebagai objek penelitian. Hal tersebut karena adanya proses alam yang unik. Bahkan, Unesco World Heritage juga berencana memasukkan Gumuk Pasir Parangkusumo sebagai fenomena alam yang aneh. Selain itu, tempat ini juga hanya ada satu-satunya di Asia Tenggara.

Pasir yang ada di tempat wisata ini juga merupakan pasir yang bertipe barchan. Pasir dengan tipe seperti ini harusnya dapat ditemui di tempat yang iklimnya kering. Akan tetapi, pasir seperti ini bisa ditemukan di Yogyakarta yang mana beriklim tropis. Sehingga tidak salah jika tempat ini sering disebut tempat wisata yang unik.

Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki luas sekitar 2 km karena proses pembentukannya yang masih terus menerus terjadi. Luasnya mulai dari muara Pantai Parangtritis sampai ke Pantai Depok. Tempat ini memiliki suhu yang cukup ekstrim, yang mana saat siang hari suhu bisa sangat panas dan terik. Sedangkan saat malam menjadi sangat dingin.

Fakta Menarik Mengenai Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta merupakan obyek wisata yang letaknya dekat dengan Pantai Parangtritis. Sehingga wisatawan yang berwisata ke Parangtritis juga bisa datang ke tempat ini. Tempat ini memiliki banyak fakta yang harus wisatawan ketahui. Berikut adalah fakta menarik mengenai Gumuk Pasir Parangkusumo :

1. Digunakan Untuk Foto Prewedding

Tidak hanya menjadi tempat yang asyik untuk berwisata, Gumuk Pasir juga sering dijadikan tempat untuk foto prewedding. Sehingga wisatawan selain berwisata juga bisa sekalian foto prewedding. Hamparan pasir yang luas ditambah bukit-bukit yang ada di tempat ini akan membuat foto prewedding menjadi semakin indah.

2. Arena Sandboard

Sandboarding adalah salah satu cabang dari olahraga papan yang menggabungkan antara surfing, snowboarding, dan skateboarding. Hanya saja perbedaan sandboarding dengan olahraga papan lainnya adalah arena olahraganya yang berada di hamparan pasir. Sehingga Gumuk Pasir ini sering dijadikan arena sandboarding.

Dibandingkan di negara lain, obyek wisata ini malah sering dijadikan untuk sandboarding. Wisatawan bisa merogoh kocek mulai dari Rp. 70.000 sampai Rp. 150.000 untuk mencoba sandboarding sepuasnya. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya sewa pendamping agar wisatawan bisa bermain sandboarding.

3. Memiliki Spot Foto Yang Unik

Tidak hanya sebagai sarana untuk berolahraga, Gumuk Pasir juga menjadi tempat yang memiliki banyak spot foto yang unik. Salah satunya adalah spot foto yang berupa tulisan Gumuk Pasir Parangkusumo yang bentuknya sangat besar. Tidak hanya tulisan nama tempat wisata saja yang menjadi obyek foto, tetapi juga banyak obyek foto lainnya.

Seperti misalnya pohon kaktus yang letaknya ada di tengah hamparan pasir yang luas. Selain kaktus, di tempat ini juga terdapat ayunan yang bisa wisatawan duduki sekaligus menjadi tempat untuk berfoto. Bingkai bunga berbentuk hati juga terdapat di obyek wisata ini sehingga bagi wisatawan yang berfoto bersama pasangan akan terlihat romantis.

4. Pernah Digunakan Untuk Syuting

Pesona keindahan dari tempat wisata ini memancing para wisatawan dari berbagai daerah untuk datang dan menikmati keindahan ciptaan Tuhan ini. Tidak hanya masyarakat sekitar atau wisatawan dari luar Yogyakarta, bahkan artis Indonesia sekalipun pernah melakukan syuting video clip di sini. Salah satu artis yang melakukan syuting di sini adalah Agnezmo.

Agnezmo atau yang juga dikenal dengan Agnes Monica adalah artis yang pernah melakukan syuting di Gumuk Pasir. Selain Agnezmo, ada juga grup band Letto yang mana merupakan band dari Yogyakarta. Mereka juga pernah melakukan syuting video kllp di tempat ini. Video klip kedua musisi ini bisa ditemukan sendiri di Youtube.

Tidak hanya digunakan untuk syuting video clip saja, tetapi tempat ini juga pernah menjadi tempat untuk syuting film. Film tersebut merupakan film Indonesia yang berjudul Perempuan Berkalung Sorban yang mana dibintangi oleh Revalina S. Temat.

5. Tempat Terbaik Untuk Menikmati Senja

Karena lokasi dari gumuk pasir yang kurang lebih dekat dengan Pantai Parangtritis, maka wisatawan bisa menikmati mentari terbenam di sini. Suasana senja akan semakin nikmat jika wisatawan memesan ikan bakar yang dijual sekitar gumuk pasir. Tidak hanya ikan bakar, wisatawan bisa memesan minuman yang juga dijual di sekitar obyek wisata.

Lokasi, Rute, Dan Tiket Masuk Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo ini berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute untuk menuju ke tempat wisata ini sangat mudah. Wisatawan bisa menggunakan google maps jika bingung bagaimana cara untuk menuju ke tempat wisata ini.

Harga tiketnya pun juga sangat terjangkau karena wisatawan hanya membayar tiket parkir saja. Dengan biaya sekitar Rp. 3000 sampai Rp. 10.000, wisatawan bisa langsung menuju ke tempat wisata ini. Lokasi dari tempat wisata ini tidak jauh dari loket parkir.

Penutup

Gumuk Pasir menjadi salah satu wisata unik yang ada di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini menjadi obyek wisata yang unik karena tempat ini berupa hamparan pasir luas yang terbentuk dari letusan abu vulkanik. Letusan tersebut mengalir sampai ke Pasir Parangtritis dan masih berproses sampai saat ini.

Sehingga tidak jarang tempat ini menjadi tempat yang seru untuk melakukan kegiatan snowboarding. Tidak hanya kegiatan snowboarding saja, wisatawan juga bisa berfoto dengan berbagai obyek yang sudah disediakan oleh para pengelola tempat wisata ini. Bahkan, tempat ini pernah digunakan untuk syuting film dan video klip.

Bagi wisatawan yang ingin datang ke tempat wisata ini, maka wisatawan bisa menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Dengan menggunakan jasa sewa mobil, wisatawan bisa sampai kesana dengan mudah karena lokasinya yang jauh dari Kota Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846