Green Village Gedang Sari: Obyek Wisata Dengan Flying Fox Terpanjang

Greenvillage Gedang Sari

Green village gedang sari – Pesona alam dari Kabupaten Gunungkidul memang dapat memikat siapa saja untuk datang ke kabupaten yang berslogan Gunungkidul Handayani. Kabupaten yang terletak di Pegunungan Seribu ini menawarkan berbagai wisata alam yang dapat memuaskan wisatawan dari berbagai daerah. Salah satu dari sekian tempat wisata alam tersebut adalah green village gedang sari.

Sekilas Mengenai Green Village Gedang Sari

Green village Gedang Sari merupakan tempat wisata alam yang mungkin belum ramai karena tempat ini kurang dilirik wisatawan. Tempatnya yang berada di perbukitan ini sudah pasti menjadi incaran para wisatawan. Green village Gedang Sari merupakan tempat yang dikelola oleh warga sekitar yang juga dibantu pemerintah dengan tujuan menaikkan perekonomian daerah Kecamatan Gedang Sari.

Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang indah nan hijau sehingga mampu menarik wisatawan dari seluruh Indonesia. Selain itu suasana dari tempat ini yang jauh dari perkotaan membuat tempat ini masih asri. Suasana tersebut kemudian berpadu dengan dinginnya udara yang ada di daerah Gedang Sari ini membuat wisatawan semakin merasa puas.

Daya Tarik Green village Gedang Sari

Green village Gedang Sari menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh siapa saja. Tempat ini tentunya memiliki berbagai daya tarik yang tentunya berbeda dibandingkan dengan tempat lain. Hal tersebut karena di Gunungkidul banyak tempat wisata alam seperti ini. Berikut adalah daya tarik dari Green village Gedang Sari.

1. Sunset Di Gedang Sari

Menurut wisatawan lain yang sudah pernah berkunjung ke tempat ini, mereka datang untuk melihat sunset yang ada di Gedang Sari. Sehingga melihat sunset menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Wisatawan juga bisa datang ke tempat ini saat menjelang sore. Langit kala senja berpadu dengan hijaunya pemandangan bukit mampu memuaskan wisatawan.

Tidak hanya dari area kaki bukit ini, wisatawan juga bisa melihat sunset di puncak Green Village. Sensasi yang berbeda tentu akan dirasakan wisatawan jika melihat matahari terbenam dari atas puncak Green village Gedang Sari. Sehingga wisatawan yang datang bersama dengan pasangan akan merasakan suasana yang romantis di sore hari.

Lihat juga tempat untuk menikmati sunset yang tidak kalah mempesona : Candi Ijo dan Embung Nglanggeran

2. Pemandangan Perbukitan

Memandang perbukitan mampu membuat mata wisatawan akan terasa segar. Terlebih di Green Village ini, wisatawan akan melihat jalan yang sengaja dibuat melingkar. Tentunya hal ini dapat membuat wisatawan akan merasakan sensasi tersendiri saat melihat pemandangan di sini. Selain sensasi tersendiri, tempat ini tentunya beda dengan yang lain.

Pemandangan perbukitan di sini akan terlihat hijau saat awal musim hujan. Sehingga wisatawan juga dapat berkunjung ke sini saat musim penghujan. Untuk melihat pemandangan di tempat ini, pengelola Green Village juga sudah menyediakan gazebo sebagai tempat untuk melihat pemandangan. Selain itu, gazebo ini juga digunakan untuk bersantai.

3. Flying Fox

Green village Gedang Sari menjadi tempat yang bisa wisatawan kunjungi untuk melakukan kegiatan yang memacu adrenalin. Karena di tempat ini terdapat sebuah wahana flying fox yang berbeda dari kebanyakan flying fox di Indonesia. Bahkan, Flying fox yang ada di tempat ini merupakan flying fox yang terpanjang kedua se-Asia Tenggara.

Panjang dari lintasan flying fox di Green village ini mencapai 625 meter. Wisatawan juga tidak perlu khawatir, karena flying fox di sini sudah terjaga keamanannya karena menggunakan teknologi Perancis dan tali dari Inggris. Sehingga flying fox di tempat ini menjadi daya tarik tersendiri yang membuat tempat wisata ini unik.

4. Berfoto Selfie

Berfoto selfie merupakan kegiatan yang harus dilakukan baik di tempat wisata alam maupun di tempat wisata lainnya. Selain itu, berfoto selfie juga bisa menjadi cara mengabadikan kenangan saat wisatawan berkunjung ke tempat wisata manapun. Begitu juga dengan tempat wisata ini yang menyediakan spot untuk selfie sebagai daya tarik.

Sepanjang jalan dari area parkir, pintu masuk, hingga ke puncak Green Village, wisatawan akan menemukan wisatawan lain yang berselfie. Mulai dari membawa tongkat selfie sampai membawa drone dilakukan wisatawan lain untuk mengabadikan momen. Obyek yang menjadi background selfie para wisatawan ini tidak lain adalah pemandangan yang hijau di tempat ini.

5. Pemandangan Malam

Tidak hanya mengincar sunset saja, wisatawan juga datang ke tempat ini untuk melihat pemandangan malam. Pemandangan malam yang bisa wisatawan lihat adalah pemandangan Kabupaten Klaten dari tempat ini. Gemerlap lampu yang terang bisa wisatawan lihat dari kejauhan, sehingga tempat ini sangat ramai di sore hari.

Akan tetapi, wisatawan hanya boleh berkunjung ke puncak Green village Gedang Sari ini sampai sore hari saja. Lebih tepatnya, wisatawan hanya boleh berada di puncak sampai jam 6 sore. Sehingga wisatawan bisa melihatnya dari jalan setapak menuju puncak saja. Pemandangan malam ini menjadi daya tarik dari tempat wisata ini dan menjadi keunggulan.

Lokasi, Rute, Dan Tiket Masuk Green Village Gedang Sari

Green village Gedang Sari ini berada di Desa Mertelu, Kecamatan Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini dari Yogyakarta, bisa menuju ke arah Wonosari melalui pertigaan Prambanan kemudian ke kanan. Setelah sampai ke Wonosari, wisatawan bisa lanjut menuju ke arah Sambi Pitu.

Bagi wisatawan yang masih bingung untuk menuju ke tempat ini, maka wisatawan bisa menggunakan aplikasi seperti Google Maps. Wisatawan yang tentunya dari luar Yogyakarta bisa menuju ke tempat ini dengan menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Hal tersebut karena wisatawan menempuh perjalanan yang jauh dari Kota Yogyakarta.

Wisatawan bisa berkunjung ke obyek wisata ini kapan saja, karena tempat ini bisa dinikmati pagi, siang, maupun malam hari. Selain itu, tiket masuk untuk menuju ke tempat wisata ini gratis. Tetapi wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir. Sehingga wisatawan bisa menjadikan tempat ini sebagai rekomendasi untuk berwisata di Gunungkidul.

Setelah wisatawan sampai ke tempat parkir, wisatawan akan berjalan melewati jalan setapak yang sudah dibuat oleh pihak pengelola. Sehingga wisatawan bisa menuju ke puncak dengan aman. Tidak hanya itu, pihak pengelola juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas seperti yang tadi sudah disebutkan yaitu tempat parkir.

Selain tempat parkir, di Green village juga sudah tersedia tempat untuk melihat pemandangan yang berupa gazebo. Gazebo ini juga digunakan untuk bersantai sembari bercengkerama dengan kerabat, keluarga, ataupun orang terdekat. Sehingga berwisata di tempat ini menjadi lebih nikmat.

Penutup

Green village Gedang Sari merupakan tempat wisata yang letaknya berada di Kecamatan Gedang Sari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini merupakan obyek wisata alam yang menawarkan pemandangan hijau perbukitan. Selain itu, tempat ini juga menghadirkan flying fox yang terpanjang kedua di Asia Tenggara dengan panjang lintasan mencapai 625 meter.

Sekedar tips bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini, disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman. Karena udara di sini sedikit lebih dingin dari Yogyakarta, maka wisatawan juga bisa membawa jaket. Selain itu, di atas bukit juga tidak ada penjual makanan sehingga wisatawan bisa membeli makanan dan minuman di area parkir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 0818-635-846